Membaca Lebih Fokus ala Kindle Reader di iPad, iPhone

Tahu Kindle Reader dong Mams? Ya, produk besutan Amazon tersebut memang sangat booming di awal rilisnya. Bagaimana tidak, jutaan ebook yang tersedia di Amazon bisa dibaca di sebuah perangkat yang memang didesain untuk membaca. Menggunakan Kindle Reader, Mama bahkan tidak akan menemukan perbedaan antara buku cetak dan layar device, kecuali kemudahan dan kenyamanan membaca yang lebih baik dibanding buku cetak. 

Lalu, jika telah memiliki iPad, apakah Mama masih memerlukan Kindle Reader? Yang jelas, Apple melalui aplikasi Books juga memiliki banyak koleksi buku, majalah, komik dan model ebook lain yang bisa Mama baca di layar iPad. Selain untuk membaca ebook, ada banyak hal lain yang bisa Mama lakukan di iPad, jauh lebih baik dibanding di layar iPhone.

Tapi jika Books app bukan pilihan yang Mama ambil, Mama bahkan bisa membaca artikel di sebuah webpage yang dibuka di Safari browser dan menjadikannya bebas iklan dengan layout ala ebook

Cara mengubah webpage di Safari menjadi tampilan ebook di iPad

  1. Buka laman web yang ingin Mama baca di iPad.
  2. Di kolom URL, tap icon 3-titik di sisi kanan.
  3. Pilih Reader yang ditunjukkan dengan icon buku dengan baris teks.
  4. Untuk mematikan, tap kembali icon Reader.

    Cara mengubah webpage di Safari menjadi tampilan ebook di iPhone

    1. Buka laman web yang ingin Mama baca di iPhone.
    2. Di kolom URL, tap icon Aa di sisi kiri.
    3. Pilih Show Reader.
    4. Untuk mematikan, tap icon Aa, pilih Hide Reader.

    Dengan mengaktifkan Reader di laman web di Safari, seketika apa yang ditampilkan di Safari akan disederhanakan, termasuk menghilangkan iklan, menata-ulang image dan paragraf sehingga semuanya menyerupai ebook dan lebih nyaman untuk dibaca.

    Jika Mama telah mengaktifkan Dark Mode di iPad atau iPhone, background dari tampilan Reader akan otomatis menjadi redup sehingga lebih nyaman di mata, terutama saat Mama membaca di malam hari.

    Keuntungan dari mengaktifkan Reader Mode di Safari adalah membuat Mama lebih fokus membaca. Hal ini tak lepas dari dibuangnya semua iklan dan pengaturan tata letak sehingga Mama bisa fokus pada apa yang tengah Mama baca. Satu lagi, jika Mama membuka lebih dari satu tab di Safari, tab lain tidak akan terpengaruh dengan Reader View yang Mama aktifkan di satu tab. Dengan begitu, Mama tidak perlu repot mematikan Reader View jika ingin membuka tab lain dalam tampilan normal. Untuk mematikan Reader View di Safari, tap kembali icon Aa di bagian bawah, pilih Hide Reader.  

    Di beberapa webpage, bisa jadi Mama tidak bisa mengaktifkan fitur Reader baik di iPhone ataupun iPad. Tidak perlu bingung ya Mams karena kesalahan bukan terletak pada device yang Mama pakai. Tidak aktifnya fitur Reader di Safari untuk beberapa webpage karena memang webpage tersebut tidka menyediakan opsi untuk tampilan sederhana. 

    Selalu ada jalan keluar ya Mams. Untuk webpage yang tidak menyediakan fungsi Reader, Mama bisa membaca artikel tersebut dalam tampilan ebook dengan terlebih dulu menyimpan artikel dalam bentuk file PDF. Dengan cara ini tidak saja Mama bisa mendapatkan tampilan ebook tetapi juga bisa dibaca di lain waktu secara offline.

    Cara membaca artikel di Safari agar senyaman Kindle Reader baik di iPhone atau iPad juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama