Stop Scrolling, Mencari Screenshot di Gallery Cukup Diketik (iPhone, iPad)

Selain berfungsi sebagai galeri foto untuk hasil jepretan kamera iPhone, Photos app juga menyimpan screenshot yang Mama buat di layar iPhone. Melakukan screenshoot memang merupakan cara termudah dan cepat ya Mams untuk mendapatkan gambar yang tampil di layar iPhone atau iPad. Mama bisa menggunakan fitur back tap untuk screenshoot di iPhone atau cara cepat dengan ketuk layar iPad. 

Entah berupa memes lucu, resep masakan, jadwal Zoom meeting, atau sekedar kutipan-kutipan bijak yang Mama dapat dari feed Instagram, semua bisa dengan mudah Mama simpan di iPhone menggunakan screenshoot. Namun masalah akan muncul saat screenshot telah menumpuk di Photos app dan Mama ingin menemukan satu yang berisi resep memasak ikan patin, misalnya.

Di update iOS 15, Mama tidak perlu lagi scrolling di sepanjang galeri Photos app untuk menemukan screenshot yang Mama maksud. Cukup dengan mengetikkan keyword dari screenshot tersebut, gambar yang Mama butuhkan akan bisa langsung ditemukan.

Cara cepat menemukan Screenshot di iPhone, iPad

  1. Buka Spotlight Search di layar iPhone atau iPad.
  2. Di kolom pencarian, ketikkan "Photos" diikuti kata dari apa yang Mama ingat di image yang Mama cari. Contoh, Photos patin.
  3. Saat mengetik, Spotlight Search akan langsung melakukan pencarian dan memunculkan hasil yang dianggap sesuai di layar iPhone/iPad.
  4. Tap di foto di bawah Text Found in Photos untuk membukanya di Photos app.


Menggunakan Spotlight Search untuk Photos app tidak hanya berlaku pada pencarian screenshot ya Mams. Mama juga bisa menemukan foto atau image lain menggunakan kata kunci nama, mengingat Photos app juga dilengkapi fitur pengenal wajah untuk foto-foto yang menunjukkan wajah. Tinggal ketikkan "Photos" diikuti nama orang yang Mama maksud, Spotlight Search akan memunculkan foto-foto yang sesuai.

Jika karena satu atau lain hal pencarian foto menggunakan teks di Spotlight Search tidak berhasil, bisa jadi Mama telah mematikan Photos app untuk Sepotlight. Karenanya Mama perlu mengaktifkannya kembali melalui Settings app.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama