Lakukan 13 Hal ini di iPad, Bukan di iPhone



Sebuah iPad bukanlah iPhone, bukan pula sebuah laptop. Di tahun 2010, Apple pertama kali meluncurkan iPad dan memasukkannya dalam kategori tablet. Menggunakan layar sentuh layaknya iPhone dan bisa menjalankan (hampir) semua aplikasi iPhone, lalu apa bedanya sebuah iPad dengan iPhone?

Secara fisik, desain iPad dan iPhone memang berbeda ya Mams. Tapi perbedaan antara iPad dan iPhone tidak hanya terletak pada desain fisik saja. Setidaknya ada beberapa hal dasar yang bisa Mama lakukan di iPad tetapi justru tidak bisa atau sulit dilakukan di iPhone. Apa saja?

1. Nge-Game

Menggunakan layar yang jauh lebih lebar dari iPhone, tentu saja nge-game menggunakan iPad bakal memberikan perasaan lega. Tak hanya itu, bahkan iPad keluaran terbaru juga dibekali grafis yang tidak kalah dengan konsol games yang ada di pasaran. Apple juga memberikan dukungan tambahan berupa aksesoris wireless yang bisa dipakai agar lebih leluasa nge-game, seperti keyboard, mouse ataupun kontroler.

(Legends of Runetrera, best iPad game tahun 2020)


2. Membaca buku

E-book mendapatkan momentum saat produk berupa e-book reader masuk ke pasaran. Sementara sebuah e-book reader memiliki fungsi terbatas, iPad hadir menawarkan kelebihan lain yang tidak dimiliki e-book reader. Dukungan banyak aplikasi, termasuk browser untuk iPad dan email apps, menjadikan iPad pilihan yang jauh lebih baik untuk membaca e-book dibandingkan reader konvensional.

Selain bisa memilih koleksi buku di Apple iBook, Mama juga bisa membaca banyak bermacam buku dan majalah dari aplikasi-aplikasi penyedia buku yang tersedia di App Store, termasuk Amazon Kindle. Membaca secara gratis, membeli ataupun menyewa sebuah buku, semua bisa dilakukan di iPad. 

Terlebih, layar besar iPad akan memberikan pengalaman yang menyerupai membaca buku yang dicetak di kertas. Bahkan untuk kenyamanan mata saat membaca, Mama bisa menyesuaikan kecerahan layar iPad ataupun mengaktifkan Dark Mode.

3. Urusan dapur

Meskipun buku-buku resep masakan masih diperjual-belikan di toko buku tetapi trend memasak tampaknya telah bergeser ke resep-resep online ya Mams. Bagaimana tidak, yang Mama lakukan hanyalah mencari resep masakan berdasarkan bahan ataupun nama makanan baik di browser ataupun di aplikasi memasak favorit. Tidak hanya puluhan, bisa jadi ribuan resep masakan dan minuman tersedia di sana.

Dilengkapi video tutorial memasak, aplikasi memasak ataupun Youtube bisa Mama putar di dapur sembari mempraktekkan resep-resep baru. Dukungan aksesoris seperti iPad Stand bakal memudahkan pekerjaan di dapur tanpa takut iPad terjatuh. Juga, dukungan Siri untuk perintah suara akan membantu menjadikan layar iPad tetap bersih tanpa noda minyak. Mama bisa fokus memasak dan mintalah Siri untuk memutar video tutorial memasak selanjutnya.



4. Mendampingi anak belajar

Sempat khawatir karena anak-anak sudah kecanduan video Youtube? Tenang Mams, iPad punya banyak koleksi aplikasi dan game edukasi untuk anak. Layar besar iPad bakal memudahkan anak-anak untuk belajar di aplikasi yang telah Mama install. Belajar mewarna, belajar membaca, mengaji, ataupun memainkan game edukasi seperti puzzle, semua akan terasa lebih nyaman bagi anak jika dilakukan di layar lebar iPad. Eh, jangan lupa pasang rubber case untuk iPad ya Mams agar iPad lebih aman saat dipakai anak-anak.

5. Nonton Film

Hiburan rumah menjadi jawaban jika Mama masih takut berdesakan di gedung bioskop karena virus Covid-19 belum benar-benar lenyap. Banyaknya layanan online untuk mendapatkan hiburan di rumah bisa Mama pilah dan pilih yang sesuai untuk keluarga. Sebut saja Netflix atau Apple TV yang menawarkan banyak serial dan film bermutu. 

Di layar besar iPad, nonton TV series tentu akan terasa lebih nyaman dan lega dibanding di iPhone. Mama bahkan bisa menghubungkan ke televisi untuk mendapatkan pengalaman nonton seperti di bioskop.

6. Edit foto dan video

Di awal rilisnya, barangkali kamera iPad tidak bisa dipadankan dengan kamera iPhone. Seiring bertambah usia, iPad keluaran baru dibekali kamera dengan kualitas yang bisa diandalkan baik untuk memotret ataupun merekam video. Namun jika Mama belum terlalu puas, memotret dan membuat video di kamera iPhone bisa menjadi jalan keluar paling gampang sebelum mengeditnya di layar besar iPad.

Mengaktifkan iCloud Photos adalah salah satu cara yang bisa Mama pakai untuk bisa mengakses secara cepat hasil jepretan kamera iPhone. Tak perlu copy-paste satu per satu karena dengan Apple ID yang sama Apple devices akan saling tersinkronisasi ya Mams.

Selanjutnya Mama tinggal melakukan editing di iPad. Layar yang lebar pastinya akan memudahkan Mama melihat detil foto. Editing tools bawaan iPad sudah cukup lengkap untuk melakukan sedikit koreksi pada hasil foto. Jika ingin lebih, seperti menambahkan filter foto, membuat video pendek ataupun video untuk Youtube, App Store punya banyak aplikasi edit foto dan video yang bisa Mama download di iPad, baik yang gratisan maupu yang berbayar.

7. Mengetik dokumen

Sudah bukan rahasia ya Mams kalau mengetik dokumen di laptop telah bisa digantikan di iPad. Bagaimana tidak, dukungan aplikasi keyboard yang mumpuni, dukungan aplikasi keyboard third-party ataupun dukungan wireless keyboard telah cukup membuat sebuah iPad layaknya layar laptop. Dengan keyboard app dan aplikasi menulis yang tepat, misalnya, Mama bahkan bisa lancar menyusun skripsi ataupun membuat novel.

(iPad dengan dukungan Split Keyboard)


8. Scan dokumen

Mengubah dokumen fisik ke digital tidak lagi memerlukan mesin scanner yang harus terhubung ke komputer ya Mams. Faktanya Mama bisa menggunakan kamera iPad dan aplikasi Notes untuk bisa scan dokumen secara cepat. Atau, Mama bisa memilih satu dari banyak aplikasi yang ada di App Store jika mendapatkan fitur lebih.

Setelahnya, Mama bisa melakukan editing, termasuk menambahkan tandatangan digital langsung di layar iPad. Tinggal cetak atau kirim ke email, sesuai kebutuhan.

9. Dikte

Tidak hanya kegiatan belajar-mengajar dan rapat kantor yang dilakukan secara daring, tetapi selama masa pandemi Covid-19 yang dimulai di awal tahun 2020, banyak bermunculan kursus online. Sebut saja kursus bahasa, coding, memasak hingga menggambar. Tidak perlu bertatap muka karena materi diberikan dalam beberapa pertemuan yang dilakukan secara daring melalui aplikasi meeting, seperti Zoom. 

Meskipun begitu, mencatat materi tetap menjadi hal wajib untuk dilakukan. Baik siswa, pekerja kantoran atau peserta kursus, mencatat materi bisa dilakukan dengan mudah jika bisa memanfaatkan iPad. Ya, cari saja aplikasi dikte untuk iPad yang bakal memudahkan Mama mencatat materi pertemuan online. Setelahnya Mama cukup melakukan sedikit perbaikan agar hasil dikte bisa dipahami ataupun dicetak. 

10. Layar sekunder

Dengan bantuan aplikasi seperti Duet Display atau Air Display, Mama bisa memfungsikan iPad sebagai layar kedua yang dihubungkan ke Mac atau komputer Windows. Bagi Mama yang berprofesi sebagai seniman digital, menggambar di iPad untuk yang dihubungkan ke layar monitor komputer akan sangat membantu melihat detil dan pengeditan setelahnya. 

Tak hanya layar komputer yang lebih lebar sehingga detil gambar akan terlihat jelas, tetapi proses edit gambar juga akan lebih sempurna mengingat kemampuan prosesor komputer yang lebih kuat untuk menjalankan aplikasi edit gambar, seperti PhotoShop.

11. Video conference

Bekerja dan rapat kantor secara online sudah bukan hal baru lagi ya Mams. Bagi Mama yang juga menjadi bagian WFH, kegiatan bersama seperti rapat online akan lebih mudah dilakukan di layar iPad. Dalam hal ini jika Mama kebetulan harus bepergian, iPad adalah solusi untuk tetap terhubung dengan rekan kantor yang tengah berdiskusi menggunakan Zoom Meeting, misalnya. Dimensi iPad yang tipis tentunya akan lebih ringan dibawa dibanding laptop.

12. Browsing internet

Untuk urusan browsing, jangan ditanya lagi soal kemampuan iPad. Dukungan Safari yang terus mendapatkan pembaruan, menjadikan browser Apple ini tak kalah dengan browser lain yang bisa dijumpai di App Store.

Update terbaru Safari yang diberikan melalui iPadOS 15 diantaranya adalah kemampuan mengubah background image seperti di MacOS, fitur grup tab, web ekstensi untuk privasi dan keamanan, dan masih banyak lainnya.

13. Bermusik

Juga, bukan rahasia ya Mams kalau para musisi kerap menggunakan iPad sebagai sarana mereka menyimpan ide lagu baru. Menggunakan aplikasi drum, piano, atau gitar untuk menjajal sebuah lagu baru bisa dilakukan di iPad.

Bagi Mama yang juga suka bermusik, iPad akan sangat membantu dengan banyaknya aplikasi musik. Langsung browsing saja ya Mams di App Store!

Ya, sebenarnya masih banyak lagi kelebihan iPad yang bisa Mama manfaatkan, dibanding menggunakan iPhone. iPad model terbaru bahkan bisa disebut mampu menggantikan peran laptop mengingat jeroan yang ditanam Apple tak kalah dengan laptop yang ada di pasaran saat ini, baik hanya untuk urusan mengetik ataupun untuk nge-game dengan grafis berat, apalagi untuk mengedit foto dan video. Bisa!

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama