Cara Memasang Web Extensions untuk Custom Safari (iOS 15)



Sebelumnya, hanya Apple yang bisa install web extensions di Safari. Kini di iOS 15, web extensions buatan developer third-party bisa di-download di App Store untuk kemudian dipasang di dalam Safari. Fitur ini tentu saja melengkapi Safari di iOS 15 yang kini punya tampilan baru dengan posisi address bar di bawah serta fitur Tab Group yang bakal memudahkan browsing banyak webpage.

Ada beragam web extensions yang nantinya bisa Mama pilah dan pilih dari App Store ya Mams. Pada dasarnya, ekstensi web akan mengubah cara kerja Safari, tentu saja dalam hal yang lebih baik. Juga, sebuah ekstensi bakal memungkinkan Safari di iPhone atau iPad melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Sebagai contoh, web extensions tertentu akan memungkinan Mama browsing Safari menggunakan VPN untuk mengakses banyak situs web yang tidak bisa diakses menggunakan jaringan internet secara umum. Ada juga ekstensi untuk memblokir konten, yang memungkinkan Mama lebih tenang saat anak-anak meminjam iPhone atau iPad yang Mama punya. Singkat kata, web extensions di Safari akan menjadikan browsing jauh lebih aman sekaligus privasi tetap terjaga.

Cara menambahkan ekstensi Safari di iPhone, iPad

  1. Buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, tap Safari.
  3. Di bawah General, tap Extensions.
  4. Tap More Extensions.


Selanjutnya iPhone akan diarahkan ke halaman di App Store yang khusus untuk download dan install ekstensi Safari. Di sini Mama bisa mencari ekstensi Safari yang Mama inginkan, kemudian lakukan langkah seperti download aplikasi atau game untuk memasang ekstensi di Safari.

Untuk melihat sukses tidaknya Mama install sebuah ekstensi di Safari, Mama bisa mengeceknya dengan membuka aplikasi Settings > Safari > General >  Extensions.

Perlu dicatat ya Mams, kalau sebagian ekstensi Safari tidak berbayar alias gratis, namun tetap ada biaya yang harus dibayar jika ingin menambah fitur. Sebagian ekstensi lain cukup dibayar sekali saat Mama download untuk pertama kali.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama