Cara Cepat Membaca Artikel di Safari (iPhone, iPad)



Safari atau browser pengganti di iPhone dan iPad tidak hanya berfungsi untuk mengakses website tetapi juga sebagai mesin pencari. Karena itulah meskipun telah banyak pilihan aplikasi berita, browser tetap menjadi pilihan favorit pengguna smartphone. Mama pastinya juga masih sering menggunakan Safari atau browser lain di iPhone untuk mencari artikel atau berita, bukan?

Sebuah aplikasi umumnya hanya menyediakan satu model layanan ya Mams. Aplikasi portal berita, misalnya, akan menyediakan berita yang diperbarui dalam hitungan menit atau bahkan detik. Di sisi lain, jika Mama ingin artikel yang menyajikan resep masakan, misalnya, Mama perlu install aplikasi khusus resep masakan karena memiliki fitur lebih lengkap dari sekedar daftar bahan dan cara memasak. Aplikasi memasak untuk iPad, misalnya, dilengkapi video tutorial serta trik memasak dari juru masak ternama. 

Aplikasi lain seperti Wikipedia menyediakan berbagai artikel pengetahuan umum yang lengkap, tetapi bukan portal berita mengenai kejadian-kejadian di dunia. Karenanya, untuk mendapatkan masing-masing artikel yang lengkap, Mama perlu install aplikasi yang berbeda untuk keperluan yang berbeda pula. Lain halnya jika menggunakan Safari atau browser lain di iPhone, Mama hanya perlu mengetik di kolom pencarian untuk mendapatkan apapun yang Mama perlukan.

Di Safari, saat Mama mengakses situs seperti Wikipedia, diperlukan konsentrasi tinggi untuk menemukan apa yang Mama butuhkan. Itu karena artikel Wikipedia memang sarat dengan paragraf untuk memuat berbagai keterangan yang relevan tentang suatu topik. Membaca keseluruhan artikel memang diperlukan agar Mama memiliki pemahaman mengenai suatu hal tetapi jika waktu tidak memungkinkan, Mama hanya perlu menemukan frasa atau kata yang menjadi kunci pencarian sehingga Mama akan langsung diarahkan pada kalimat yang memiliki frasa atau kata tersebut.

Di Mac, Mama bisa menggunakan tombol Command dan F untuk menemukan kata yang Mama cari. Lalu bagaimana melakukannya di Safari baik di iPhone ataupun iPad?

Cara cepat menemukan konten di dalam artikel Safari di iPhone

  1. Buka Safari di iPhone.
  2. Ketikkan keyword di kolom pencarian (URL) untuk memunculkan hasil pencarian Google. Notes: Mama bisa mengganti search engine di Safari dengan Yahoo atau mesin pencari lain.
  3. Klik salah satu hasil pencarian yang muncul untuk membuka artikel.
  4. Di iPhone, tap di icon Share yang ada di bawah kolom URL. 
  5. Di iPad, icon Share ada di bagian kanan-atas layar.
  6. Scroll ke bawah, tap Find on Page.
  7. Ketikkan kata yang ingin Mama temukan. 
  8. Tap Search di keyboard iPhone.


  9. Hasil pencarian yang ditemukan akan di-highlight kuning.
  10. Safari menunjukkan jumlah hasil pencarian dalam angka.
  11. Tap panah atas untuk menuju hasil pencarian awal atau tap panah bawah untuk menemukan hasil pencarian berikutnya.
Nah, sekarang Mama sudah tahu dong bagaimana cara cepat menemukan kata kunci di dalam artikel yang panjang, seperti di Wikipedia. Dengan menemukan kata yang tepat, Mama hanya perlu membaca satu kalimat atau paragraf guna mencari jawaban atas hal yang tengah Mama cari. Selain hemat waktu, pastinya juga hemat kuota internet ya Mams. 

Cara cepat menemukan kata/frasa di sebuah artikel yang Mama baca melalui Safari baik di iPhone maupun iPad juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama