Ini 27 Fitur Baru iOS 17 (Part 2)


Ada cukup banyak fitur baru yang dibawa iOS 17 untuk iPhone. Selain 10 fitur baru iPhone yang telah Mama tahu, masih ada 10 fitur baru lainnya yang bisa Mama cermati.

Untuk memastikan iPhone yang Mama gunakan saat ini mendapatkan update ke iOS 17, Mama bisa mengecek melalui Settings app > General > Software Update. Pastikan iPhone dalam kondisi baterai penuh, atau Mama bisa menghubungkannya ke sumber listrik untuk pengisian daya sembari proses download dan install iOS 17 berjalan.

11. Maps app

Ada beberapa hal baru yang bisa Mama dapati di aplikasi Maps di iPhone yang telah menjalankan iOS 17. Fitur baru yang dimaksud termasuk kemampuan menyimpan sebuah lokasi di Maps sehingga bisa Mama jelajahi nantinya secara offline. Cara ini tentunya bakal menghemat daya baterai mengingat penggunaan Maps membutuhkan pengaktifkan GPS atau lokasi yang terkenal cukup menguras baterai iPhone.

Di sejumlah negara yang telah support, Maps membantu para pengguna mobil listrik untuk menemukan stasiun pengisian daya baterai mobil dan menampilkan ketersediaannya secara real-time. 

(Offline Maps di iPhone, credit: Apple)

12. Visual Look Up

Selain tersedia untuk iPhone, fitur baru Visual Look Up juga telah bisa didapati di iPad yang menjalankan iPadOS 17. Visual Look Up bisa disebut sebagai kamus bergambar ala Apple yang bakal mengenali sebuah foto dan mencarikan informasinya untuk Mama. Cara menggunakan Visual Look Up juga tergolong mudah. Langusng saja buka foto makanan, tumbuhan, tokoh, atau apapun yang tersimpan di Gallery iPhone, Visual Look Up akan mencarikan informasinya untuk Mama.

(Visual Look Up di iPhone, credit: Apple)

13. Photos app

Di aplikasi Photos, iPhone akan langsung mengenali hewan peliharaan Mama. Fitur ini sebelumnya telah diaplikasikan untuk mengenali anggota keluarga. Nantinya Photos app akan memasukkan kategorinya ke dalam album People & Pets.

Fitur lain yang tak kalah keren di Photos app adalah kemampuan edit Portrait Photos. Jika Mama punya cukup banyak koleksi foto potret dan kurang puas dengan hasilnya, Mama bisa mengeditnya langsung di dalam Photos app.

14. Health app

Seberapa optimal Mama menggunakan Health app di iPhone. Dengan fitur baru yang dibawa iOS 17, tampaknya Mama harus benar-benar bisa memanfaatkan Health app karena akan sangat berguna, terutama untuk kesehatan mental.

Health app dengan update baru di iPhone dilengkapi piranti untuk melacak kondisi mental Mama sehingga bisa turut menjaga emosi dalam kondisi stabil. Di luar itu, Health app di iPad juga terhubung dengan sumber-sumber artikel yang membahas pentingnya kesehatan mental serta tips terkait.

15. Fitness app

Aplikasi kebugaran di iPhone, Fitness app, sekarang mendapatkan desain baru pada bagian tab yang menunjukkan kegiatan kawan-kawan Mama. Selanjutnya Mama bisa memasukkan jadwal latihan atau meditasi menggunakan fitur Custom Plan yang terdapat di dalam Fitness+ app.

16. Screen Distance

Seperti halnya di iPad, Mama juga bisa mengaktifkan fitur Screen Distance di iPhone. Fitur ini akan turut membantu menjaga kesehatan mata Mama karena akan memberikan peringatan ketika jarak mata Mama dengan iPhone terlalu dekat.

17. Safari

Safari di iOS 17 mendapatkan pembaruan cukup penting dengan ditambahkannya fitur Profiles. Fitur ini akan membantu Mama memisahkan browsing di Safari untuk kehidupan pribadi, profesional atau topik lain yang bisa Mama atur sesuai kebutuhan.

Ada pula fitur baru Safari yang memudahkan Mama ketika mengisi otomatis password dari sebuah website. Kode verifikasi yang dikirimkan melalui email akan langsung bisa diakses tanpa perlu meninggalkan Safari.

18. Privacy and Security

Tingkat keamanan untuk iPhone melalui iOS 17 juga ditingkatkan, termasuk filter untuk foto dan video sensitif yang dikirim melalui transfer via AirDrop antar perangkat Apple, melalui Contact Poster, ataupun melalui pesan FaceTime. Dalam hal ini Mama bisa blur konten sensitif sebelum menampilkannya.

19.  Accessibility

Fitur baru di iPadOS 17 memungkinkan pengguna bisu atau mereka yang mengalami gangguan suara bisa menciptakan sebuah suara yang menyerupai mereka. Selanjutnya suara tersebut dimanfaatkan dalam Live Speech sehingga bisa dipakai berkomunikasi dalam panggilan telepon dan model percakapan lainnya.

20. Magnifier

Untuk para pengguna tuna netra atau gangguan penglihatan lain, fitur Point and Speak di Magnifier akan memudahkan berinteraksi dengan obyek fisik yang memiliki label teks. Sebagai contoh, label teks untuk harga pakaian atau benda lain akan dibacakan cukup keras oleh Magnifier sehingga pengguna tuna netra akan sangat terbantu saat berbelanja.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama