Foto Portrait di iPhone Bisa Diedit, Begini Caranya (iOS 17)

(Edit foto potret di iPhone, credit: apple)


Portrait Mode di iPhone mulai diberikan melalui rilisan iOS 14 di tahun 2021. Ini adalah fitur keren yang diberikan untuk kamera iPhone sehingga Mama bisa menghasilkan foto dengan background blur ala studio.

Mode Portrait dipilih untuk membuat hasil foto dengan efek depth-of-field. Artinya, saat Mama memilih mode Portrait maka foto yang dihasilkan akan memiliki fokus yang tajam pada subyek sementara background atau latar foto akan buram atau blur. Yang tak kalah penting, sekarang Mama bahkan bisa melakukan pengaturan pada portrait mode di iPhone sehingga menghasilkan foto potret yang tak kalah dari hasil kamera digital.

Edit atau pengaturan di dalam portrait mode di iPhone meliputi efek pencahayaan, kedalaman dan titik fokus. Artinya, jika Mama punya koleksi cukup banyak foto portrait di iPhone tetapi tidak cukup puas dengan hasilnya, Mama bisa  melakukan perubahan atau bahkan membuang efek pencahayaan, kedalaman atau juga titik fokus dari foto yang telah jadi. 

Fitur lain seputar foto potret adalah Portrait Effect. Seperti namanya, efek ini akan mengubah foto biasa yang Mama buat menggunakan Photo Mode di kamera iPhone, menjadi foto potret yang memiliki latar blur.

Cara mengubah efek pencahayaan di foto Portrait 

  1. Pilih sebuah foto portrait di dalam Photos app.
  2. Tap sehingga foto dalam tampilan full screen.
  3. Tap Edit.
  4. Geser tombol lighting effect di bagian bawah untuk mengubah efek pencahayaan: Natural Light, Studio Light, Contour Light, Stage Light, Stage Light Mono, High-Key Light Mono.
  5. Tap Done untuk menyimpan hasil editing yang Mama buat.
  6. Untuk menghilangkan efek pencahayaan di foto Portrait, tap tombol Portrait di bagian atas maka foto akan kembali ke mode normal (tanpa background blur).


Cara edit Depth-Control di foto Portrait

  1. Pilih sebuah foto portrait di dalam Photos app.
  2. Tap sehingga foto dalam tampilan full screen.
  3. Tap Edit.
  4. Geser depth-control button (f): semakin kecil angka kedalaman, semakin blur background foto.
  5. Titik putih yang terlihat di slider menandakan depth-control awal sebelum diedit.
  6. Tap Done untuk menyimpan hasil editing yang Mama buat.


Cara mengubah Focus Point di foto Portrait

Focus Control dipakai untuk mengubah focus point dari sebuah foto potret yang Mama buat di camera iPhone. Saat Mama memilih subyek baru di foto tersebut, background yang blur otomatis akan menyesuaikan. sehingga subyek yang baru Mama ganti (pilih) akan terlihat lebih tajam dan fokus. Untuk bisa mengubah fokus subyek, pastikan subyek yang baru tidak terlihat terlalu buram atau terlalu jauh.
  • Buka Photos app di iPhone.
  • Pilih sebuah foto portrait, tap untuk menampilkan secara full-screen.
  • Tap Edit.
  • Tap subyek baru yang ingin Mama tonjolkan dari foto tersebut.
  • Tap Done.
Perlu dicatat kalau fitur untuk mengubah focus point di foto potret sudah tersedia di iOS 16 dan setelahnya, bisa ditemukan di iPhone 13 dan model iPhone lain yang lebih baru.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama