Ini 27 Fitur Baru iOS 17 (Part 1)



iOS 17 dirilis tahun 2023, membawa banyak fitur baru untuk iPhone. Untuk memastikan iPhone yang Mama gunakan saat ini mendapatkan update ke iOS 17, Mama bisa mengecek melalui Settings app > General > Software Update.

Jika tertera update iOS 17, langsung saja Mama tap download dan install. Pastikan iPhone dalam kondisi baterai penuh, atau Mama bisa menghubungkannya ke sumber listrik untuk pengisian daya sembari proses download dan install iOS 17 berjalan.

27 Fitur Baru iOS 17

1. StandBy

Ini adalah salah satu fitur paling mencolok yang dibawa iOS 17 untuk iPhone. Fitur StandBy di iOS 17 menjadikan proses charging lebih menyenangkan karena layar iPhone didesain khusus yang memudahkan Mama mengakses jam, widget atau notifkasi lain. Setidaknya ada lima hal yang perlu Mama perhatikan agar fitur StandBy berjalan tanpa kendala di iPhone.

(StandBy di iPhone/image credit: apple)


2. Interactive Widgets

Di iOS 17, Mama bisa menempatkan widgets baik di Home Screen, Lock Screen, ataupun StandBy mode. Widget di iOS 17 didesain lebih interaktif sehingga cukup 1x tap di widget, Mama bisa melakukan action, seperti memutar podcast, menyalakan lampu rumah, mengecek to-do list, dll.

3. Contact Poster

Contact poster memungkinkan Mama membuat foto profil unik  sehingga saat Mama menelepon teman, di layar iPhone mereka akan tampak contact poster yang telah Mama set sebelumnya.
(Contact Poster di iPhone/image credit: apple)


4. Live Voicemail

Fitur Live Voicemail di iOS 17 bisa Mama aktifkan atau matikan sesuai kebutuhan. Saat Mama mengaktifkan fitur Live Voicemail di iPhone, panggilan telepon yang masuk ke voicemail akan menunjukkan transkrip di layar iPhone ketika iPhone merekam suara si penelepon. Dengan begitu maka Mama akan tahu seberapa penting panggilan telepon tersebut berdasar konteks yang terlihat di layar iPhone sehingga Mama bisa memutuskan untuk segera mengangkat telepon, menelepon balik atau tidak. Sebagai catatan, untuk saat ini  fitur Live Voicemail baru tersedia untuk pengguna iPhone di AS dan Kanada.
(Live Voicemail di iPhone/image credit: apple)



5. Stickers

Seperti halnya iPadOS 17 untuk iPad, iOS 17 juga menambahkan fitur sticker untuk iPhone. Jika sebelumnya stiker hanya bisa dibuat di Photos app sekarang Mama bisa membuatnya langsung di dalam aplikasi, seperti Messages, Notes, bahkan WhatsApp. Stiker itu selanjutnya bisa Mama pakai untuk melengkapi pesan teks, melengkapi dokumen, juga menghias foto.

(Stickers di iPhone/image credit: apple)

6. Journal

Dirilis di update iOS 17.2, Journal app menawarkan fungsi catatan harian (diary) yang sangat mudah dibuat. Mama bisa melengkapi catatan harian dengan foto, video, suara, juga stiker, sebagai pengingat saat Mama mengakses catatan tersebut di masa mendatang.

(Journal app di iPhone/image credit: apple)


7. Messages

Update di aplikasi Messages memberikan beberapa fitur baru. iOS 17 membawa fitur baru yang sangat berguna bagi pengguna iPhone, termasuk diantaranya fitur Check In yang bakal memberi tahu kawan/saudara Mama saat Mama telah sampai di tempat tujuan dengan selamat. 

(Fitur Check In di iPhone/image credit: apple)

Di Messages di iOS 17 Mama juga bisa share lokasi langsung di dalam aplikasi, demikian halnya dengan meminta kawan untuk share lokasi mereka. Tak hanya itu, Mama juga bisa mendapatkan transkrip dari pesan suara sehingga saat sibuk, Mama cukup membaca transkrip tersebut dan mendengarkan pesan suaranya di lain waktu.

Untuk pencarian pesan lebih cepat, Mama bisa menggabungkan beberapa filter pencarian. Hasilnya tentu lebih efisien sehingga membalas pesan juga bisa dilakukan lebih cepat.

8. Keyboard

Saat Mama mengetik menggunakan onscreen keyboard di iPhone, autocorrected words atau kata-kata yang secara otomatis dikoreksi oleh keyboard iPhone, secara berkala akan digaris-bawahi. Penanda ini akan memudahkan Mama melihat kata-kata apa saja yang telah dikoreksi oleh iOS dan jika Mama tidak berkenan, cukup tap 1x maka akan kembali ke kata awal yang sebelumnya Mama ketik.

Fitur lain termasuk predictive dan inline predictive text yang bisa matikan atau aktifkan sesuai kebutuhan. Sementara predictive text muncul di keyboard, inline predictive text bisa dilihat berbarengan saat Mama mulai mengetik kata.

9. FaceTime

Aplikasi video call FaceTime mendapatkan pembaruam cukup penting di iOS 17. Sekarang saat Mama melakukan panggilan FaceTime sementara orang yang dituju tidak menerima panggilan tersebut, Mama bisa meninggalkan pesan suara ataupun pesan video. 

Dengan pesan suara atau video, diharapkan Mama bisa menyampaikan maksud Mama melakukan panggilan FaceTime, menanyakan hal lain seperti jam berapa Mama bisa menghubungi kembali, atau menyampaikan hal yang tidak sempat Mama sampaikan di FaceTime.

(FaceTime update di iPhone/image credit: apple)


Fitur lain dalam update FaceTime di iOS 17 termasuk penggunaan gesture tangan untuk memberikan efek hujan confetti di layar iPhone saat panggilan FaceTime tengah berlangsung.

Tidak hanya confetti, Mama bisa memilih beberapa model reaction yang bakal memenuhi layar iPhone hanya dengan gestur tangan, seperti hati, kembang api, dll.

10. AirDrop

Fitur AirDrop berfungsi untuk mengirim dan menerima file antar perangkat Apple. Di iOS 17, AirDrop mendapat pembaruan penting sehingga untuk mengirim atau menerima file dari sesama pengguna iPhone Mama cukup mendekatkan iPhone satu sama lain. File yang bisa dikirim/diterima dengan cara mendekatkan iPhone antara lain contact number, email adress, dan Contact Poster.

(AirDrop notification di iPhone/image credit: apple)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama