10 Hal Penting Tentang Backup Mac via Time Machine

image credit: apple

MacOS punya metode backup Mac yang telah tertanam di dalamnya. Bernama Time Machine, Mama bisa menggunakan metode backup ini dengan menambahkan hard drive external untuk penyimpanan backup, bisa berupa hard disk atau SSD eksternal ataupun flash drive.

Dengan memanfaatkan Time Machine untuk backup Mac, Mama tidak hanya bakal menyelamatkan file-file penting tetapi juga setting dan apapun yang Mama lakukan di Mac bakal bisa Mama jumpai jika Mama berganti ke Mac baru. Selain itu, setidaknya ada delapan hal penting lain yang membuat Mama wajib melakukan backup Mac.

10 hal penting di bawah ini bakal memberikan gambaran tentang backup Mac menggunakan Time Machine.

  1. Backup Mac menggunakan Time Machine bisa dilakukan dengan menghubungkan hard drive eksternal, baik berupa SSD atau hard disk, maupun flash drive berkapasitas besar.
  2. Hard drive eksternal untuk backup Mac disarankan memiliki kapasitas setidaknya 4x lebih besar dari data Mac yang bakal di-backup.
  3. Time Machine melakukan backup secara berkala, seperti setiap jam, setiap 24, dst.
  4. Time Machine menyimpan data awal dari sebuah file, data kedua, dst sehingga yang tersimpan di Time Machine tidak hanya satu nama file, tetapi beberapa nama yang sama namun dalam beberapa versi/waktu penyimpanan yang berbeda.
  5. Data backup yang paling lawas akan otomatis terhapus saat Time Machine mendeteksi hard drive telah penuh, sehingga data yang lebih baru bisa di-backup.
  6. Metode penyimpanan di atas (no. 4) bakal sangat membantu saat Mama ingin mengakses sebuah file dalam versi awal atau versi yang belum Mama lakukan perubahan/edit.
  7. Time Machine hanya menyimpan file yang terdeteksi telah dilakukan perubahan/edit.
  8. Backup manual menggunakan Time Machine bisa dilakukan sehingga Time Machine tidak perlu menunggu jam-jam tertentu untuk melakukan backup. Caranya, pilih Backup Up Now dari Time Machine menu.
    image credit: apple

  9. Proses backup menggunakan Time Machine untuk file-file tertentu bisa dilewatkan dengan cara memilih Skip This Backup dari Time Machine menu.
  10. Backup Mac menggunakan Time Machine bisa memanfaatkan lebih dari satu hard drive eksternal. Tekan dan tahan pada Options di keyboard bakal memunculkan opsi untuk beralih dari hard drive eksternal satu ke yang lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama