8 Alasan Mac Perlu di-Backup


Mac, seperti halnya PC, perlu di-backup. Backup Mac secara normal menggunakan Time Machine berbeda dari sync yang hanya menyalin sejumlah file dan data ke tempat lain. Backup Mac artinya Mama melakukan copy terhadap keseluruhan data yang ada di dalam Mac, termasuk Settings, System Preferences, dan hal lain yang tidak bisa disalin menggunakan cara copy-paste biasa.


Dengan Time Machine, saat Mama berganti Mac baru, misalnya, maka apa yang akan Mama jumpai di Mac baru akan sama persis dengan pengaturan yang sebelumnya Mama pakai di Mac lama, termasuk aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah Mama install. Hal ini akan mengingatkan mama pada proses backup iPhone atau iPad di Mac; seluruh setting dan aplikasi yang ada di iPhone lama akan bisa dijumpai di iPhone baru setelah dilakukan backup restore. Selain karena alasan berganti Mac baru, ada beberapa hal penting lain yang bikin Mama wajib backup Mac.


Ini 8 alasan melakukan backup Mac

  1. Umur: drive di Mac punya umur ya Mams. Meskipun tergolong panjang usianya tetapi bukan tidak mungkin karena satu dan lain hal SSD berhenti bekerja sementara recover data dari SSD cukup sulit dan menyita waktu.
  2. Keamanan: sebaik apapun Mama menjaga Mac tetapi jika ada kesempatan, selalu ada waktu bagi pencuri untuk membawa kabur Mac yang telah Mama jaga sekian lama. Jika punya backup, Mama tidak perlu khawatir data turut hilang dibawa pencuri.
  3. Update: meskipun jarang terjadi error tetapi adanya major update dari satu MacOS ke MacOS yang lebih baru patut diwaspadai. Sebelum install sebuah update besar, ada baiknya Mama telah melakukan backup Mac di Time Machine.
  4. Akses dokumen: Time Machine melakukan backup secara berkala, termasuk menyimpan sebuah dokumen versi awal sekaligus menyimpan dokumen yang sama namun yang telah Mama edit. Jika karena satu dan lain hal dokumen tersebut tidak bisa Mama akses di Mac, Mama bisa mendapatkan dokumen versi awalnya di Time Machine.
  5. Malware: meskipun Mac jarang sekali terkena imbas malware tetapi tidak ada salahnya melakukan backup, terutama jika keseharian Mama menggunakan Mac yang terhubung ke Wi-Fi umum, seperti di cafe, mall, atau tempat umum lain yang rawan keamanannya.
  6. Ganti Mac baru: dengan backup di Time Machine, restore backup dari Mac lama akan memudahkan Mama beradaptasi di Mac baru.
  7. Mac lain: jika Mama punya dua atau lebih Mac, backup di Time Machine memugkinkan Mama mengakses data dan file yang sama di Mac lain yang Mama miliki.
  8. Kenangan: data yang tidak mungkin bisa dibuat ulang, seperti foto, skripsi, thesis, lebih baik jika disimpan di tempat terbaik sehingga akan mudah diakses kembali. Membuat backup Mac tentu saja turut menyimpan file kenangan tersebut yang, jika hilang, tidak mungkin bisa Mama buat kembali.
Selain delapan alasan di atas, tentunya masih ada alasan lain perlunya melakukan backup terhadap Mac. Yang jelas, data dan semua yang tersimpan di Mac akan lebih aman jika Mama memiliki data backup yang Mama simpan di drive eksternal menggunakan Time Machine, ataupun tersimpan sebagian jika Mama menggunakan sync via iCloud ataupun layanan cloud lain seperti Google Drive dan DropBox. Jika sampai saat ini Mama belum pernah backup Mac, sekaranglah saat yang tepat untuk backup Mac sebelum terlambat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama