Waspada! Ini 10 Online Scam yang Mengancam Mac



Meskipun resiko terinfeksi virus jauh lebih rendah dibanding komputer Windows, tetapi bukan berarti Mac bebas dari sasaran scam ya Mams. Jika Mac yang Mama gunakan selalu terhubung dengan internet maka lebih besar lagi kemungkinan Mama menjadi sasaran online scam.

Pada dasarnya scam adalah penipuan. Dilakukan secara online, si pelaku menyasar Mac yang selalu terhubung ke internet dengan cara-cara menarik agar Mama dengan suka rela klik di link yang mereka tautkan. 

Scam bukan ancaman baru ya Mams. Walaupun begitu, masih ada saja yang menjadi korban online scam. Karenanya Mama harus waspada, jangan sampai terbujuk kata-kata rayuan yang umum dipakai oleh si scammer, seperti: “Anda terpilih menjadi salah satu pewaris harta raja Somalia” atau “Hasilkan puluhan juta rupiah hanya dengan bekerja di rumah!”

Dari sekian banyak model online scam, setidaknya ada 10 scam yang wajib Mama tahu. Setelah  mengetahui model online scam ini, diharapkan Mama lebih berhati-hati sehingga tidak sembarangan klik atau download file yang muncul di layar Mac.

1. Phising

Phising adalah jenis penipuan yang umumnya dikirim melalui email. Di dalamnya Mama diminta klik pada sebuah link untuk login ke akun yang Mama punya. Bisa berupa link untuk login ke akun iCloud atau akun bank, misalnya, pada akhirnya Mama tanpa sadar memasukkan username dan password yang seharusnya tidak diketahui pihak lain. Sejauh ini phising adalah penipuan online yang paling berbahaya ya Mams. Berhati-hatilah!

2. Update software

Harap waspada jika tiba-tiba layar Mac yang Mama pakai meminta konfirmasi untuk update software. Yang paling sering muncul adalah update untuk Flash dan Microsoft Office mengingat keduanya memang sering mendapatkan update resmi. Tapi berbeda dengan versi resmi, update abal-abal justru akan mengambil data pribadi yang ada di Mac sesaat setelah Mama klik link update. Karenanya Mama harus teliti dalam melihat adanya update software di Mac.

3. Kuis Facebook

Membuka Facebook di Mac sembari bekerja sudah lumrah dilakukan ya Mams. Tetapi walaupun boleh dilakukan Mama harus waspada terhadap hal-hal yang muncul di feed Facebook. Hal seperti pertanyaan tentang nama sahabat saat SD, merek dan jenis kendaraan pertama yang dipunya, atau nama guru favorit saat SMA bisa jadi merupakan scam yang mengarah pada upaya untuk membobol Apple ID yang Mama punya. Jadi, jangan sembarangan sukarela menjawab pertanyaan di Facebook ya Mams….

4. Anti-virus

Saat browsing di Mac, mungkin Mama pernah menjumpai pop-up window yang meminta Mama untuk install sebuah anti-virus. Dengan embel-embel Mac yang Mama pakai rentan terkena virus, scam anti-virus tersebut bakal mengarahkan Mama untuk install sebuah file. Tetapi bukannya anti-virus, jika terjebak pada scam itu maka Mama dengan sadar telah install virus trojam ke dalam Mac.

Virus trojan terkenal dengan kemampuannya merekam data penting (username dan password) yang kemudian dipakai untuk membobol akun perbankan atau akun-akun penting lain yang biasa Mama akses melalui Mac. 

5. Typosquat

Seperti namanya, scam model baru ini sengaja membuat sebuah situs dengan nama domain yang dibuat mirip situs terkenal, bisa jadi hanya beda satu huruf saja dengan situs yang asli. Tak hanya menyerupai nama domain situs terkenal, typosquat umumnya menggunakan URL yang tidak umum, seperti .us atau .om, bukannya .com atau .net. Karenanya Mama perlu berhati-hati saat mengetik sebuah URL, terutama situs belanja online, karena salah mengetik satu huruf saja bisa jadi Mama akan mengakses situs penipuan kemudian memberikan cuma-cuma isi tabungan Mama pada si penipu.

6. Situs pajak abal-abal

Scam berupa situs online pembayaran pajak sudah umum menyasar pengguna di AS. Korbannya cukup banyak ya Mams, selalu ada setiap tahun mengingat pembayaran pajak memang dilakukan setiap tahun.

Korban biasanya adalah mereka yang membayar pajak menjelang tanggal pembayaran pajak berakhir. Karena panik takut kena denda atau alasan lain, korban bukannya mengetik situs resmi untuk membayar pajak tetapi diarahkan pada situs abal-abal.

7. Free Wi-Fi

Saat berada di luar rumah dan menemukan Wi-Fi gratis, jangan buru-buru mengoneksikan Mac ya mams. Pastikan Wi-Fi gratisan yang Mama pakai berasal dari tempat yang bisa dipercaya. Jangan lupa pula untuk menghapus koneksi Wi-Fi yang ada di history Wi-Fi. Tujuannya agar Mac tidak akan otomatis terkoneksi pada Wi-Fi yang sama ketika berada di tempat yang sama di lain waktu.

8. Scam belanja online

Diskon besar-besaran setiap bulan, termasuk gratis ongkir, siapa sih yang tidak tergiur? 10.10 atau 12.12 apalagi 1.1, Mama pasti punya banyak daftar belanja yang ingin segere di-checkout.

Mama perlu waspada terhadap iklan situs-situs belanja online yang tampilannya menyerupai situs belanja terkenal. Perlu dibaca dengan teliti URL situs tersebut, jangan sampai terlewat satu huruf ya Mams! Juga, waspada terhadap penawaran yang masuk ke email. Pastikan itu berasal dari situs belanja online tempat Mama pernah subscribe, bukan dari nama perorangan.

9. Scam situs kencan

Model penipuan yang juga banyak memakan korban adalah dari situs kencan. Bukan situsnya yang abal-abal ya Mams, tetapi penggunanya yang banyak menyamar sebagai seseorang yang mungkin memenuhi kriteria dari si pencari jodoh.

Di Facebook misalnya, meskipun tidak diperuntukkan mencari pasangan, tetapi harus diakui banyak pasangan yang berawal dari perkenalan di Facebook. Dalam hal ini harus berhati-hati jika ada yang tiba-tiba mengirim DM, memperkenalkan diri sebagai si A, bekerja di BUMN, sedang mencari calon istri, plus menggunakan foto profil yang cakep. Namun setelah waktu berselang, si A minta ditrasfer sejumlah uang dengan janji bakal dikembalikan 3x lebih banyak. Atau, kejahatan online lain yang lebih ekstrim, yang berakhir dengan meminta tebusan dengan ancaman akan menyebar rekaman video call yang bersifat pribadi. Duh!

10. Artikel dan berita palsu

Mau berupa situs yang dibuat asal-asalan, atau postingan Instagram dan Facebook, banyak macamnya dan banyak korbannya! Korban akan serta-merta percaya apa yang mereka baca tanpa repot mencari penyeimbang berita di situs atau sumber lain. Umumnya penipuan model artikel atau berita palsu juga menyertakan link scam atau produk yang ujung-ujungnya akan meminta Mama transfer sejumlah uang.

Mengingat banyaknya model penipuan online yang bisa kapan saja muncul di layar Mac, Mama perlu sangat berhati-hati dalam mengakses apapun di portal online

Lakukan cara-cara sederhana untuk menghindari online scam di Mac, termasuk menghindari situs abal-abal dengan cara pin situs asli di Safari. Dengan cara pin tab di Safari, sewaktu-waktu Mama ingin membu sebuah website, Mama tidak perlu lagi mengetik atau mencari di google yang dikhawatirkan akan berujung pada situs palsu.

Juga, berhati-hatilah dalam memasukkan data pribadi di aplikasi ataupun situs-situs yang Mama tidak yakin dengan keamanannya. Beware ya Mams!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama