Cara ZIP File di Mac


ZIP adalah sebuah ekstensi file yang merupakan hasil kompresi dari sebuah file asli. Kompresi di Mac bisa diartikan sebagai memperkecil ukuran sebuah file ataupun mengunci sebuah folder yang berisi lebih dari satu file agar menjadi sebuah file zip.

Memperkecil ukuran file atau men-zip sebuah folder seringkali dibutuhkan saat Mama ingin mengirimnya secara online. Entah melalui email, WhatsApp atau aplikasi lain, mengirim file umumnya dibatasi oleh besar file sehingga mau tak mau Mama harus meng-kompres sebuah file berukuran besar agar bisa diterima oleh si aplikasi untuk dikirimkan kepada si penerima. Atau, menjadikan banyak file menjadi sebuah folder lalu menguncinya dengan zipper sehingga hanya akan ada satu attachment yang dikirim melalui email.

Di Gmail, misalnya, sebuah file yang di-attach maksimal adalah 25MB. Jika Mama punya sebuah foto dengan besar file 30MB, Mama harus memperkecil ukuran file sehingga bisa diterima oleh Gmail. Atau, jika ingin mengirim banyak file yang dikelompokkan dalam folder berbeda, tentu saja setiap folder harus di-zip untuk mempermudah attaching.

Di Mac, baik memperkecil ukuran file ataupun nge-zip sebuah folder tidak diperlukan install aplikasi zipper. Pasalnya, Mac telah memiliki fitur bawaan untuk memperkecil ukuran file melalui sebuah fitur zipper.

Seperti halnya zipper di Windows, sebuah file/folder yang telah dikompresi akan berubah ekstensinya menjadi namafile.zip. Nantinya jika Mama mengirimkan file/folder tersebut, si penerima tidak bisa langsung membuka file sebelum unzip mengingat sebuah file yang telah di-zip artinya seperti "memasukkan file ke sebuah kantong lalu di-lem" dan perlu gunting untuk membukanya. Di Mac, cukup klik 2x pada file untuk unzip.

Cara memperkecil ukuran file di Mac

  1. Buka Finder.
  2. Cari lokasi file/folder yang bakal di-zip.
  3. Klik kanan pada file atau Kontrol+Klik.
  4. Pilih Compress pada menu yang muncul.


  5. Tunggu hingga proses kompresi selesai.

  6. Jika proses berjalan lancar, file zip baru akan muncul di folder yang sama. Menggunakan nama file sama, file zip menggunakan ekstensi .zip
  7. Selesai.

Nah, sekarang Mama sudah tahu apa yang harus dilakukan saat ingin mengirim banyak file melalui email, yaitu di-zip dulu biar rapi. Cara ZIP file di komputer Mac juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama