TOP 5 Aplikasi Menulis untuk Mac (2021)



Mengawali tahun 2022, bisa jadi Mama memulainya dengan sebuah iPhone atau MacBook baru. Jikapun tidak, tidak masalah ya Mams. Yang tak kalah penting, Mama perlu update informasi sehingga tidak ketinggalan trend yang bakal banyak dipakai orang tahun ini, termasuk lima aplikasi menulis untuk Mac.

Ya, di penghujung 2021, Mac App Store telah memilih lima aplikasi menulis terbaik yang bisa Mama andalkan untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Apakah Mama seorang editor, mahasiswa, pekerja kantoran, penerjemah, penulis novel, ataupun blogger yang mengisi waktu luang sembari mengurus anak, Mama bisa memilih satu dari lima aplikasi menulis terbaik yang telah dipilih Apple ini. Apa saja?

1. Ulysses | download di Mac App Store

Tak hanya populer untuk iPad dan iPhone, aplikasi menulis Ulysses juga dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk Mac, bahkan sejak tahun 2016. Tak heran ya Mams, itu karena writing app Ulysses sangat membantu dalam menulis baik di iPad ataupun di komputer Mac tak lepas dari fiturnya yang keren.

Dengan Ulysses, Mama tidak akan kebingungan saat mengetik di Mac karena semua tools menulis tersedia dan mudah digunakan. Hal ini akan membuat Mama lebih fokus mengetik, entah cerpen, novel, laporan ataupun skripsi yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Pengaturan dokumen juga sangat sederhana dan mudah dipahami. Mama bahkan bisa menyimpan dokumen ke dalam format lain, seperti Word atau PDF.



2. Final Draft 12 | download di Mac App Store

Dibanderol cukup mahal, Final Draft adalah aplikasi yang telah cukup lama dipercaya oleh para sineas kelas dunia. Aplikasi Final Draft mampu mengolah ide menjadi skrip film atau bahkan drama teater.

Dilengkapi lebih dari 300 template untuk film, novel, novel grafis, ataupun drama teater, Final Draft membantu penggunanya memudahkan pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan banyak proses dan tools. Aplikasi Final Draft untuk para pekerja film ini juga tersedia di versi iPhone dan iPad, yang dijual terpisah.


TextSniper adalah aplikasi OCR untuk Mac yang memungkinkan Mama bisa mengedit teks yang sebelumnya tidak mungkin diedit. Sebut saja file JPG ataupun teks hasil screen capture di Mac, keduanya bisa Mama edit seperti layaknya teks, termasuk mengganti font dan warna, jika Mama menggunakan TextSniper.

Jika Mama punya dokumen PDF atau hasil scan, tidak perlu mengetik ulang ya Mams. Cukup gunakan TextSniper maka dokumen hasil scan akan dikonversi menjadi dokumen teks yang selanjutnya bisa Mama edit dan disimpan dalam format lain, tak terkecuali Word. Tidak hanya dokumen PDF, bahkan teks yang muncul di sebuah video, misalnya, bisa Mama konversi menjadi teks siap edit menggunakan kecanggihan TextSniper.

Dijual seharga Rp 200 ribuan di Mac App Store, tidak rugi jika Mama download TextSniper mengingat fungsi dan kemudahan menggunakannya untuk keperluan kantor ataupun bisnis yang Mama geluti saat ini.

4. LiquidText | download di Mac App Store

App Store menjuluki LiquidText sebagai aplikasi paling inovatif tahun 2021. Tak heran ya Mams, itu karena aplikasi LiquidText mampu me-review, mengumpulkan dan mengatur berbagai sumber informasi baik yang ada di dokumen maupu di webpage untuk kemudian dijadikan sebuah tulisan yang Mama butuhkan.

Hasil informasi yang disajikan oleh LiquidText bisa berupa laporan tertulis, kisi-kisi rapat atau bahkan materi perkuliahan. Untuk mempermudah menghubungkan satu sumber informasi dengan lainnya, Mama bahkan bisa dengan mudah menggambar sebuah garis yang menghubungkan keduanya melalui sebuah link yang dapat di-klik.

LiquidText kompatibel dengan berbagai tipe dokumen, seperti PDF, Word, bahkan PowerPoint. Tak hanya itu, fitur OCR juga disisipkan di aplikasi ini, yaitu untuk scan tulisan yang kemudian bisa di-paste dan diedit di dalam LiquidText. Dengan banyak kemampuan tersebut, tak heran LiquidTet mendapatkan penilaian positif sebagai salah satu aplikasi menulis terbaik tahun 2021, bahkan dari Times.


5. Taio | download di Mac App Store

Taio bukan naman bus kecil ramah ya Mams. Ini adalah salah satu aplikasi menulis yang juga mendapat banyak sorotan di tahun 2021 tak lepas dari support untuk MarkDown.

Ya, Taio adalah salah satu dari sedikit aplikasi menulis yang memiliki dukungan untuk MarkDown. Di Words, atau aplikasi editor lain, Mama perlu klik pada tombol tertentu untuk mengganti format huruf. Misalnya, untuk membuat huruf tebal, Mama perlu klik pada tombol Bold. Di Taio, fitur MarkDown tidak menggunakan tombol seperti di Words. 

Menggunakan MarkDown, Mama perlu mengetikkan kode tertentu untuk mengubah format huruf, kata atau kalimat dan paragraf. Misalnya, untuk membuat sebuah Heading, Mama perlu menyebatkan tanda satu # sebelum kalimat, sementara tanda ## untuk membuat Subheading.

Memang perlu membiasakan diri ya Mams untuk memahami MarkDown. Tetapi sistem menulis ini cukup efektif kok, sejak ditemukan di tahun 2004. Yang jelas, Mama perlu menghapal beberapa tanda baca yang bisa Mama pakai untuk mengubah format huruf.

Satu lagi, berbeda dari aplikasi menulis berbayar lainnya, Mama hanya perlu membeli satu kali untuk bisa menggunakan Taio di Mac, iPad, juga iPhone.

Nah, setelah tahu lima aplikasi menulis terbaik untuk Mac pilihan Apple di tahun 2021, sekarang Mama sudah punya gambaran aplikasi menulis mana yang sesuai kebutuhan Mama. Tinggal download di Mac App Store ya Mams!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama