Hemat Baterai iPhone dengan Mengatur Email Fetching




Aplikasi email apapun yang Mama gunakan di iPhone dan iPad memiliki kebiasaan yang sama, yaitu terus-menerus me-refresh dirinya agar tidak telat mendapatkan email masuk. Dikenal dengan istilah email fetching, email app akan memeriksa secara berkala adanya email yang masuk ke inbox, termasuk menyortir apakah email tersebut penting dan harus segera Mama baca, apakah termasuk email iklan dan promosi, email media sosial ataupun email spam yang secara umum akan langsung dimasukkan ke folder spam.

Di satu sisi, kemampuan email fetching ini tentu sangat bermanfaat bagi Mama yang tiap bari harus bekerja dengan menunggu masuknya puluhan email penting. Namun di sisi lain, email fetching tersebut justru turut andil menguras baterai iPhone dan iPad. 

Jalan keluar untuk hal tersebut adalah mengatur waktu bagi email app dalam hal email fetching. Dengan begitu, aktifitas aplikasi email di background bisa dibatasi karena tidak terus-menerus melakukan refresh untuk memeriksa dan menyortir email yang masuk. 

Mengatur waktu email fetching di iPhone, iPad

  1. Buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, tap Mail
  3. Tap Account
  4. Tap Fetch New Data yang ada di bagian bawah. 



  5. Dari sini Mama bisa mulai melakukan pengaturan email fetching untuk masing-masing akun email yang Mama punya, termasuk untuk aplikasi email yang berbeda. Mama bisa mematikan opsi Push, fitur yang memungkinkan Mama langsung menerima notifikasi seketika ada email masuk. Untuk akun email yang tidak support fungsi push (seperti Gmail), Mama bisa langsung mengatur waktu untuk email fetching. 

Semakin lama interval email fetching yang Mama pilih, semakin besar pula pengaruhnya untuk menghemat baterai iPhone dan iPad. Jika Mama memilih untuk mematikan email fetching secara keseluruhan akun email, maka refresh email baru yang masuk ke inbox akan dilakukan hanya saat Mama membuka aplikasi email. Tentunya opsi ini tidak dianjurkan bagi Mama yang kerja kantoran ya….


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama