Hemat Baterai iPhone dengan Membatasi Kerja Aplikasi di Background



Meskipun Mama hanya bisa melihat atau mengerjakan satu kegiatan di layar iPhone, sebenarnya ada lebih banyak hal yang sedang iPhone lakukan di belakang layar atau biasa disebut sebagai background activity. 

Ya, walaupun sedang tidak dipakai tetapi sebagian besar aplikasi yang terinstall di iPhone akan terus memuat data baru sehingga ketika Mama membukanya, yang ditampilkan adalah data terkini. Sebut saja aplikasi email untuk iPhone yang rajin mengirim notifikasi tentang masuknya email baru, Instagram yang terus me-refresh feed, dan masih banyak aplikasi lain yang melalukan hal serupa. Semakin banyak aktifitas background yang dilakukan, semakin besar pula daya baterai yang diperlukan. 

Karenanya Mama perlu membatasi kegiatan di background agar baterai iPhone cukup awet dipakai, setidaknya dalam sehari. Dalam hal ini Mama bisa mengatur dan memilih aplikasi apa saja yang tidak perlu refresh background dan aplikasi apa saja yang harus bekerja di background karena menunjang pekerjaan Mama, seperti aplikasi email di iPhone

Cara mengetahui aplikasi yang terus bekerja di background iPhone

  1. Buka Settings app.
  2. Tap General.
  3. Tap Background App Refresh.


Dari sini Mama bisa mematikan seluruh background refresh untuk semua apps yang telah terinstall di iPhone. Atau, Mama bisa mengeset satu-per-satu aplikasi apa saja yang perlu bekerja di background karena Mama memang membutuhkannya untuk menunjang pekerjaan. Mama juga bisa mengeset masing-masing aplikasi untuk (1) sama sekali OFF background refresh, (2) aktif background refresh saat iPhone terhubung jaringan Wi-Fi, atau (3) aktif background refresh saat iPhone terhubung baik Wi-Fi ataupun mobile data.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama