Pakai Masker? Ini 2 Cara Unlock iPhone dengan Face ID


Face ID adalah fitur untuk unlock iPhone yang ada di model iPhone tanpa Home button. Jika sebelumnya Touch ID yang ditanam di Home button melibatkan sidik jari menjadi salah satu fitur pengaman di iPhone, di model iPhone tanpa Home button, fitur tersebut digantikan oleh Face ID. 

Seperti namanya, Face ID meminta Mama untuk scan wajah sehingga nantinya bisa dipakai untuk unlock iPhone, download aplikasi di App Store, membuka Passwords app, dll.  Masalahnya, di era pandemi yang mengharuskan Mama memakai masker, bisakah Face ID mengenali wajah Mama yang bermasker?

Melalui update iOS 14.5 Apple menambahkan kemampuan pada Face ID untuk unlock iPhone meskipun Mama mengenakan masker yang menutupi hidung dan mulut.

Cara unlock iPhone menggunakan Face ID

1. Dengan Apple Watch

Untuk bisa unlock iPhone menggunakan masker, pastikan iPhone telah menjalankan setidaknya iOS 14.5 sementara Watch telah menjalankan watchOS 7.4. Selain itu pastikan beberapa detil berikut ini di Apple Watch dan iPhone:

  • Face ID mendeteksi masker  
  • Posisi Apple Watch tidak jauh dari iPhone 
  • Apple Watch terpakai di pergelangan tangan
  • Apple Watch dalam posisi unlocked
  • Apple Watch aktif dengan passcode
Saat iPhone unlock, akan muncul notifikasi di Apple Watch yang memberitahukan bahwa iPhone telah di-unlock menggunakan Apple Watch. Di notifikasi tersebut Mama juga bisa melihat adanya opsi untuk segera “Lock iPhone.”

(image credit: apple)



2. Tanpa Apple Watch

  1. Buka Settings. Tap Face ID & Passcode
  2. Mama bisa memilih salah satu opsi: Alternate Appearance atau Reset Face ID. 
  3. Selanjutnya pakai masker pada separuh wajah dengan cara melipat masker secara horisontal. Cantolkan pada salah satu telinga saja (telinga kanan atau kiri). Tahan dengan tangan agar tidak lepas. 
  4. Jika muncul notifikasi “Face Obstructed,” Mama harus menggeser masker dari bagian tengah wajah (lakukan secara perlahan) hingga muncul perintah “Move your head slowly to complete circle.”

    Tips: sebaiknya tutup hanya ujung hidung, menutup terlalu banyak bagian hidung akan memunculkan pesan error. 


  5. Selesaikan proses 2x scan berikutnya, posisi masker tetap dilipat dua.
  6. Jika proses di atas berjalan benar maka akan muncul pesan “Face ID is now set up.”
  7. Sekarang pakai keseluruhan masker menutupi mulut dan hidung. Lalu Mama coba unlock iPhone menggunakan Face ID. 
  8. Semoga berhasil!
UPDATE
Cara di atas telah diblokir oleh Apple di iOS 15.3. Sebagai gantinya, Apple telah merilis resmi Face ID untuk unlock iPhone saat pakai makser melalui update iOS 15.4. Klik di sini!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama