Hemat Storage dengan App Clip di iPhone


App Clips diberikan melalui rilis iOS 14 di bulan September 2020. Jika Mama belum tahu banyak mengenai fitur baru iPhone ini, postingan Apple Mama kali ini akan memberikan gambaran sederhana mengenai App Clips dan cara menggunakannya di iPhone. 

Secara sederhana sebuah App Clip bisa diartikan sebagai versi mini dari suatu aplikasi. Apakah sama dengan aplikasi versi Lite yang banyak dijumpai di App Store? Sama sekali bukan ya Mams. 

App Clip memberikan fitur inti dari sebuah aplikasi sehingga Mama tidak perlu install aplikasi utuh, jika tidak benar-benar memerlukannya. Hmm, bukankah terdengar seperti aplikasi versi Lite?

Meski terlihat sama dengan aplikasi versi Lite yang hanya menyajikan fitur inti dari sebuah aplikasi, faktanya Mama tidak perlu install App Clip dari App Store.  Sebagai contoh, Mama bisa menjumpai aplikasi Facebook dan Facebook Lite di App Store. Keduanya memerlukan proses download dan instalasi sebelum bisa dijalankan di iPhone. Cara kerja App Clip tidak seperti itu. 

Saat sebuah aplikasi memiliki fitur App Clip, Mama bisa langsung membuka App Clip tersebut di iPhone tanpa perlu download dan install.

Sebagai contoh, saat Mama ingin mengecek serial number dari Apple device yang Mama miliki, termasuk orisinalitas dan dukungan garansi, umumnya Mama akan menggunakan aplikasi Apple Support yang ada di App Store. Namun dengan berbagai pertimbangan, tidak perlu install aplikasi Apple Support.

Cukup lakukan pencarian serial number di Spotlight dari layar iPhone. Hasil pencarian akan mengarahkan Mama ke situs resmi Apple Support sekaligus pilihan untuk mengecek informasi yang sama melalui App Clip yang muncul di layar. Tap Open maka akan terbuka app clip dari Apple Support. Di app clip tersebut Mama bisa mengecek Apple device apa saja yang terhubung ke Apple ID Mama sekaligus serial number dan detil lainnya.

Ya, wujud App Clips sama persis dengan aplikasi versi penuh. Bedanya, hanya fitur inti saja yang bisa Mama akses. Bonusnya, Mama tidak perlu install aplikasi jika kebutuhan akan aplikasi tersebut hanya sesekali saja. Perlu dicatat pula bahwa besar file App Clip hanya sekitar 10MB, yang artinya tidak bakal mengambil porsi storage iPhone dalam jumlah besar.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama