Cursor Hilang? Coba 5 Cara Ini (macOS)



Di komputer Mac, cursor didesain sebagai anak panah berwarna hitam dengan border putih dan sedikit shadow tipis di pinggirannya. Warna ini dipilih bukan tanpa alasan ya Mams. Tentunya kedua warna netral tersebut bakal mudah dilihat dan ditemukan saat cursor berada di aplikasi yang memiliki ragam warna background berbeda. 

Namun adakalanya, cursor benar-benar menghilang dari layar Mac. Bisa jadi Mama cukup sibuk dengan multitasking di komputer Mac sementara Mama tiba-tiba ingin membuat secangkir teh di pantry kantor. Begitu kembali di depan Mac, Mama ingin langsung melanjutkan pekerjaan tetapi apa daya cursor menghilang.

Tidak perlu panik ya Mams. Apple memberikan solusi saat cursor atau pointer di Mac yang Mama pakai menghilang. Di sini Apple Mama merekomendasikan beberapa cara untuk memunculkan kembali pointer yang menghilang dari layar Mac.

1. Gerakkan mouse

Yang Mama perlu lakukan hanyalah menggeser mouse secara berulang ke depan dan belakang, ataupun ke kanan dan kiri. Atau, gunakan Trackpad dengan satu jari. Dengan cara ini cursor akan membesar ukurannya sehingga mudah ditemukan. Jangan kaget ya Mams jika tiba-tiba muncul cursor dengan ukuran 3x ukuran normal di layar Mac. 

2. App switcher

Hilangnya cursor di layar Mac bisa jadi karena sebuah aplikasi sedang freeze. Jika benar maka bisa coba beralih ke aplikasi lain menggunakan bantuan tombol keyboard. Pencet bersamaan tombol Command dan Tab. Dengan cara ini Mama bisa beralih ke aplikasi lain yang tengah terbuka dan silakan cek apakah cursor bisa ditemukan di aplikasi tersebut.

3. Force quit window

Jika cursor hilang hanya pada satu aplikasi sementara ada di aplikasi lain, Mama bisa mencoba menutup paksa aplikasi yang nge-freeze. Karena mouse tidak bisa dipakai, Mama harus menggunakan bantuan tombol keyboard. Tekan bersama tombol Command, Option dan Escape.

4. Force Quit semua apps

Cobalah restart Mac. Cara ini biasanya ampuh untuk menormalkan kembali sistim yang sebelumnya sangat sibuk. Klik pada logo Apple di kiri-atas layar, pilih Restart... Atau, coba cara lain untuk restart Mac di sini.

5. Mengubah ukuran cursor

Bisa jadi hilangnya cursor karena tersembunyi di tempat yang sulit Mama lihat, mengingat ukurannya yang kecil. Jika itu masalahnya, Mama bisa dengan mudah mengganti ukuran cursor menjadi lebih besar atau sangat besar.

  1. Klik logo Apple di layar Mac
  2. Pilih System Preferences...
  3. Pilih Accessibility > Display
  4. Pilih Cursor Tab, geser slider ke kanan dan kiri untuk melihat tampilan ukuran cursor.

Dengan mencoba salah satu atau semua dari lima cara di atas, semoga masalah hilangnya cursor di layar Mac yang Mama pakai bisa diatasi. Good luck!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama