4 Cara Restart MacBook



Sebelum mengetahui empat cara restart Mac, Mama perlu tahu kenapa sih komputer perlu di-restart? Apakah tidak cukup dengan dimatikan lalu dinyalakan kembali?


Mams. komputer, juga laptop, iPhone dan iPad adalah perangkat yang terdiri dari banyak perangkat keras (hardware). Dalam hal ini restart adalah solusi terbaik untuk menjawab berbagai masalah yang muncul saat menggunakan gagdet.


Saat restart, Mac akan menutup semua program. Dan saat kembali ON, Mac akan kembali berjalan lebih fresh, juga akan menginstall jika ada update yang tertunda. Singkat kata, sistem MacOS akan berjalan jauh lebih baik dari sebelumnya.


Nah, sekarang Mama sudah tahu dong pentingnya restart MacBook juga iDevices? Di postingan ini Apple Mama bagikan empat cara restart MacBook yang wajib diketahui.

1. Restart via Menu Bar

  1. Klik ikon Apple yang ada di pojok-kiri-atas layar MacBook
  2. Di menu, pilih Restart...
  3. MacBook akan shutdown dan langsung kembali ON beberapa saat ketika proses restart selesai.

2. Restart menggunakan tombol keyboard 

Untuk proses restart ini Mama bakal menggunakan sejumlah tombol keyboard. Tekan bersama tombol Control dan Eject (tombol pojok-kanan-atas keyboard). Selanjutnya pilih Restart.

3. Force Restart

Cara bisa umumnya dipakai saat MacBook mengalami freeze dimana cursor tidak mau bergerak sehingga tidak bisa dimasukkan perintah menggunakan mouse untuk restart. Untuk itu Mama perlu menggunakan kombinasi tombol keyboard Control, Command dan Eject secara bersamaan.


Perlu dicatat bahwa force restart menggunakan cara ini bakal langsung menutup semua program yang terbuka sehingga besar kemungkinan file yang belum sempat tersimpan bakal hilang.

4. Restart dengan Shutdown manual

Jika MacBook yang Mama pakai tidak bisa di-restart dengan tiga cara di atas maka saatnya Mama mencoba cara keempat ini. Dalam hal ini Mama harus memaksa Mac untuk shutdown dengan cara menekan tombol Power (tombol ON/OFF) beberapa detik. Mac akan langsung shutdown dan kembali ON.


Nah, sekarang sudah tahu beberapa cara shutdown MacBook. Jika kebetulan laptop MacBook Mama freeze atau terasa berat saat menjalankan sebuah aplikasi, silakan langsung restart saja agar MacBook kembali lebih ringan dalam memproses data.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama