Jaga Kesehatan Mata dengan Screen Distance di iPhone, iPad (iOS 17, iPadOS 17)


Menjadi salah satu fitur baru di iOS 17, Screen Distance akan membantu menjaga kesehatan mata Mama  pengguna iPhone. Juga tersedia di iPad yang telah menjalankan iPadOS 17, Screen Distance akan mengingatkan Mama saat jarak mata dengan layar iPhone atau iPad terlalu dekat.

Menggunakan iPhone atau iPad untuk membaca berita, ebook atau scrolling media sosial kerapkali menyita waktu Mama. Dalam hal ini Mama yang terlalu fokus menatap layar iPhone/iPad akan melupakan jarak ideal membaca. Menggunakan iPhone dalam jangka waktu lama dengan jarak terlalu dekat tentu saja berisiko pada kesehatan mata, terutama untuk para pengguna usia dini, termasuk anak-anak di rumah.

Fitur Screen Distance ditanam di dalam Screen Time memanfaatkan teknologi TrueDepth Camera untuk mendeteksi jarak baca yang ideal, yakni sekitar 30 centimeter. Screen Distance di iPhone dan iPad sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko myopia, terutama bagi para pengguna usia dini yang kerap berlama-lama di depan iPhone/iPad dan melupakan jarak baca yang sehat. Sementara bagi pengguna dewasa, fitur Screen Distance di iPhone dan iPad akan turut mengurangi ketegangan pada mata.

Cara mengaktifkan Screen Distance di iPhone, iPad

  1. Untuk mengaktifkannya, buka Settings app di iPhone/iPad.
  2. Tap Screen Distance.
  3. Aktifkan Screen Distance.
Saat Screen Distance telah aktif, fitur ini akan memunculkan notifikasi di layar ketika Mama menggunakan iPhone atau iPad dalam waktu terlalu lama dengan jarak kurang dari 30cm dari mata. Mama bisa kembali ke jarak membaca ideal lalu tap Continue di layar untuk melanjutkan.

Untuk Mama yang telah mengaktifkan fitur Family Sharing sehingga bisa menggunakan iPhone/iPad bersama anak-anak, secara default Screen Distance otomatis diaktifkan untuk pengguna di bawah 13 tahun.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama