Jaga Privasi, Ini 5 Jenis User Account di Mac



Ini adalah salah satu cara yang bisa Mama pakai untuk menjaga privasi dan keamanan Mac yang Mama gunakan setiap hari.

Bagi Mama yang bekerja dengan melibatkan banyak orang yang mengharuskan berbagi Mac demi mempercepat pekerjaan, atau Mac yang Mama pakai saat ini turut dipakai anak-anak di rumah untuk keperluan tugas sekolah, menambahkan akun di baru di Mac menjadi wajib agar apa yang Mama kerjakan di Mac (browsing, dll) tidak akan bisa diakses oleh pihak lain. Demikian halnya dengan setting ataupun aplikasi yang terinstall tidak akan mudah diganti ataupun diganti oleh mereka yang tidak memiliki akses ke akun administrator.

1. Akun Standar

Akun standar bisa ditambahkan jika Mac yang Mama gunakan saat ini juga dipakai oleh anak-anak, suami ataupun saudara di rumah. Dengan menambahkan sebuah/lebih akun standar di Mac, masing-masing akun tidak akan mengaksesnya file/data dari akun lain.

2. Guest Mode

Akun Guest Mode bisa Mama tambahkan di Mac jika Mac yang Mama punya kadangkala juga dipakai oleh pihak lain. Menggunakan akun Guest Mode, mereka yang login ke Mac akan bisa melakukan banyak hal tetapi informasi atau setting yang mereka akses/buat akan segera terhapus saat logout dari Mac.

3. Akun Admin

Secara umum akun Admin seharusnya hanya satu ya, Mams. Akun ini hanya dimiliki oleh si pemilik Mac karena dengan akun ini Mama bisa melakukan banyak hal pada Mac. Namun jika karena satu dan lain hal, bisa saja Mama menambahkan sebuah akun Admin baru di Mac.

Sebagai contoh, sebuah Mac bisa ditambahkan akun administrator baru sehingga masing-masing orang tua bisa mengawasi penggunaan Mac oleh anak-anak. Hal serupa juga jamak dilakukan di sebuah institusi, seperti sekolah, saat Mac yang ada memang memerlukan lebih dari satu admin untuk pengawasan.

Yang jelas, penambahan akun admin harus dilakukan dengan hati-hati ya, Mams. Berikan akses admin pada pihak lain yang benar-benar bisa Mama percaya.

4. Sharing Only

Akun dengan jenis Sharing Only bisa Mama tambahkan guna berbagi file dengan pihak lain secara remote. Artinya, pihak lain bisa mengakses file-file tertentu di Mac yang Mama pakai melalui Mac lain yang mereka pakai. 

Dengan kata lain, mereka tidak bisa login ke Mac yang Mama pakai ataupun mengubah setting di dalamnya. Penambahan akun Sharing Only di Mac umumnya terhubung dengan fitur serupa lain, seperti File Sharing, Screen Sharing atau Remote Management. Fitur-fitur tersebut bisa Mama atur melalui System Settings > General > Sharing.

5. Group

Seperti namanya, akun Group dibuat untuk kelompok agar bisa mengerjakan sesuatu secara bersama. Saat mengerjakan sebuah proyek kantor, misalnya, Mama dan kawan kerja lainnya bisa menggunakan Mac secara bergantian dengan memberikan akses yang sama pada file atau aplikasi yang tengah dikerjakan.

Dengan mengetahui jenis-jenis user account di Mac, sekarang Mama sudah punya gambaran akan seperti apa Mama melindungi komputer Mac yang saat ini Mama gunakan. Menambahkan satu atau lebih akun user baru di Mac bukan hal yang sulit ya, Mas. Yang pasti, Mama harus menentukan terlebih dahulu siapa yang bakal mengakses Mac tersebut sehingga selanjutnya Mama bisa memilih jenis user account baru yang bisa ditambahkan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama