Suara Startup MacBook Mati, Coba 8 Cara Ini



Saat Mama menekan tombol Power di MacBook, saat itulah MacBook mulai booting dan memperdengarkan suara khasnya. Mirip suara lonceng, meski cukup singkat tetapi suara startup tersebut cukup menjadi ciri khas MacBook yang bakal bikin Mama bingung jika tidak terdengar.

Karena satu dan lain hal, suara startup MacBook bisa saja hilang ya Mams. Meski MacBook berhasil booting tetapi jika suara khas tersebut tidak terdengar, bisa jadi Mama akan terus berpikir apa penyebabnya.

Nah, daripada terus memikirkan sebab suara startup MacBook tidak terdengar, lebih baik Mama coba cara-cara berikut guna mengembalikan suara startup MacBook.

Cara mengembalikan suara startup MacBook yang tidak terdengar

    • Pastikan suara di MacBook tidak muted. Menu bar di bagian paling atas layar MacBook akan memperlihatkan jika speaker dalam kondisi mute. Tekan tombol keyboard dengan icon speaker untuk menambah volume suara.
    • Mama perlu juga mengecek pengaturan sound melalui System Preferences di Dock, lalu pilih Sound > Output. Di bawah Select Device for Sound Output, pilih Internal Speakers atau MacBook Speakers, MacBook Air Speakers atau MacBook Pro Speakers, tergantung model MacBook yang Mama gunakan.



    • Jika MacBook terhubung dengan headset, speaker, atau perangkat lain, cobalah Mama diskoneksi semua  perangkat tersebut.
    • Selain perangkat yang terhubung melalui kabel, bisa jadi Mama menggunakan perangkat lain yang terhubung ke MacBook melalui Bluetooth, seperti headset atau speaker bluetooth. Coba disconnect perangkat tersebut sekaligus matikan Bluetooth di MacBook.
    • Mama juga perlu memastikan apakah MacBook yang Mama gunakan siap untuk mendapatkan update MacOS terbaru. Untuk mengeceknya, buka System Preferences dari Dock lalu pilih Software Update.
    • Langkah lain yang tergolong mudah untuk mengembalikan suara startup MacBook yang hilang adalah dengan restart MacBook. Ini adalah cara paling mudah untuk menyegarkan kondisi MacBook setelah dipakai untuk membuka berbagai aplikasi dan pekerjaan lain.
    • Reset nvRAM (non-volatile RAM) atau pRAM (parameter RAM) yang merupakan komponen yang turut bertanggung-jawab atas kerja sound di MacBook. Tergantung dari model MacBook yang Mama pakai, reset nvRAM atau pRAM bisa dilakukan dalam beberapa cara berbeda.
    • Langkah terakhir yang bisa Mama coba adalah dengan melakukan servis di Apple Store atau gerai resmi yang ditunjuk Apple. Bisa jadi ada komponen MacBook yang perlu diganti atau hanya sekedar masalah software yang bisa diperbaiki dengan cepat.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama