Cara Menutup Banyak Aplikasi di App Switcher (iPhone, iPad)



App Switcher di iPhone dan iPad dibuat agar Mama mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Di iPhone atau iPad, Mama bisa mengakses App Switcher dengan cara swipe dari bagian bawah layar hingga ke tengah sampai tumpukan aplikasi terlihat dalam ukuran card. Selanjutnya Mama bisa tap satu aplikasi untuk menampilkannya dalam mode layar penuh.

Selain untuk multitasking antar aplikasi, App Switcher di iPhone dan iPad diperuntukkan agar Mama mudah menutup aplikasi yang tidak lagi diinginkan. Dengan cara yang sama, saat app cards terlihat, Mama bisa swipe salah satu app card ke atas untuk menutup aplikasi di iPhone. Di iPad, Mama bisa menutup aplikasi melalui App Switcher dengan cara swipe masing-masing app card ke atas.

Nah, yang telah lama menjadi pertanyaan, bisakah Mama menggunakan App Switcher untuk menutup semua aplikasi? Atau, setidaknya, lebih dari satu aplikasi?

Di iOS 15 dan iPadOS 15, belum ditemukan fitur "close all" guna menutup semua app cards yang tampil di app switcher. Diharapkan, Apple bakal memberikan fitur "close all" di app switcher di rilisan iOS baru. Tapi tahukah Mama, jika di iOS 15 dan iPadOS 15 sebenarnya Mama bisa setidaknya menutup empat atau lima app cards di App Switcher? Ya, itu semua tergantung dari kepiawaian jari-jari Mama. Mau coba?

Cara menutup banyak aplikasi dari app swicher di iPad (iPadOS 15)

  1. Buka setidaknya 4 atau 5 aplikasi di iPad.
  2. Akses App Switcher dengan cara swipe-up dari bawah layar iPad ke tengah layar hingga terlihat app cards.
  3. Sekarang, manfaatkan seluruh jari tangan Mama (tangan kanan/kiri) dengan masing-masing ujung jari menempel di satu app card.
    Contoh: ujung telunjuk untuk WhatsApp, ujung jari tengah untuk Instagram, ujung jari manis untuk Safari, dst.

  4. Secara bersamaan gerakkan jari-jari Mama ke atas dan ke bawah; apakah seluruh app card yang Mama sentuh ikut bergerak?
  5. Jika benar, sekarang tinggal swipe-up saja untuk menutup seluruh aplikasi secara bersamaan.
  6. Jika kesulitan, setidaknya Mama bisa menggunakan dua jari saja untuk dua app cards lalu swipe-up untuk menutup dua aplikasi tersebut.

    (menutup 4 apps di app switcher iPad)


Cara menutup banyak aplikasi dari app swicher di iPhone (iOS 15)

  1. Cara yang sama bisa Mama lakukan untuk menutup beberapa aplikasi lewat App Switcher di iPhone.
  2. Tapi mengingat layar iPhone yang jauh lebih kecil dibanding layar iPad, akan sulit untuk menggunakan empat atau lima jari sekaligus. 
  3. Di percobaan yang Apple Mama lakukan, menggunakan tiga jari (telunjuk, tengah, manis) adalah cara yang paling efisien untuk bisa menutup tiga aplikasi sekaligus.
  4. Jika Mama bisa menggunakan lebih dari tiga jari, akan lebih baik!
  5. Coba saja!

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama