Nonton YouTube Sambil Browsing Safari (iPadOS 14)

(YouTube picture in picture dengan Safari di iPad)


Aplikasi apa yang biasa Mama pakai untuk memutar video? Tidak salah jika jawabannya adalah YouTube. Tak dipungkiri YouTube menjadi aplikasi gratis terpopuler untuk video meskipun ada banyak aplikasi serupa lain yang tak kalah bagus, baik gratis maupun berbayar. Sayangnya, aplikasi Youtube belum mendukung fitur Picture in Picture yang ditawarkan iPadOS 14.

Menggunakan fitur Picture in Picture di iPad, Mama akan bisa nonton film di Netflix, misalnya, sembari melakukan hal lain di iPhone atau iPad. Tapi tidak jika Mama menggunakan aplikasi YouTube  Memakai aplikasi YouTube untuk memutar video, layar iPad akan terus memuat video tanpa bisa diganggu. Artinya, Mama tida bisa menggunakan iPad untuk hal lain. 

Jalan keluar untuk bisa memutar video YouTube sembari membuka aplikasi lain (sambil browsing Safari, misalnya), adalah dengan tidak memakai aplikasi YouTube di iPad.

Cara nonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain di iPad

  1. Buka Safari di iPad.
  2. Ketik youtube.com untuk membuka situs YouTube
  3. Cari video yang Mama inginkan, tap tombol Play
  4. Saat video tengah terputar, tap tombol full screen yang ada di sudut-kanan bawah video. 
  5. Tampilan Video akan memenuhi layar iPad. 
  6. Tap tombol Picture in Picture yang ada di sudut-kiri atas video. 


  7. Layar Video otomatis akan mengecil dan berada di atas aplikasi lain yang tengah terbuka. 

Dari sini Mama bisa membuka aplikasi lain tanpa takut video Youtube akan menutup. Mama bahkan bisa membuka tab baru di Safari untuk browsing hal-hal yang Mama inginkan. 

Jika tampilan Picture in Picture Mama rasa terlalu kecil untuk layar iPad, Mama bisa tap dua kali pada video yang tengah diputar untuk sedikit membesarkan ukurannya, namun tidak memenuhi layar. Tap kembali dua kali untuk mengembalikannya ke ukuran lebih kecil. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama