Cara Permanen Mengubah Orientasi Youtube di iPhone


Seperti Mama tahu, iOS punya kemampuan menampilkan aplikasi di layar iPhone baik secara vertikal (portrait) ataupun horisontal (landscape). Untuk mengubah tampilan video Youtube, misalnya, dari portrait ke landscape, Mama cukup mengakses Control Center lalu tap opsi Orientation Lock yang ada di bawah icon Wi-Fi.

Meskipun terlihat mudah tetapi cara ini cukup merepotkan saat digunakan. Itu karena opsi Orientation Lock akan diberlakukan pada semua aplikasi yang tengah Mama buka. Alih-alih ingin menonton video Youtube secara landscape, saat beralih ke aplikasi lain maka aplikasi tersebut akan turut berubah orientasi saat Mama salah memposisikan iPhone sedikit saja.

Untuk menghindari semua aplikasi terbuka secara landscape atau sebaliknya, Mama bisa menyiasatinya menggunakan Shortcuts app yang ada di iPhone. Fungsi script Automation di aplikasi Shortcuts juga bisa Mama gunakan untuk banyak hal berbeda, termasuk memberitahukan melalui speaker iPhone saat baterai iPhone perlu diisi ulang.


Cara Otomatis Mengubah Orientasi Aplikasi di iPhone

  1. Buka aplikasi Shortcuts di iPhone.
  2. Pilih tab Outomation.
  3. Pilih simbol PLUS (+) di bagian kanan-atas.
  4. Pilih Create Personal Automation.


  5. Scroll ke bawah, pilih App.
  6. Centang bagian Is Closed dan Is Opened.
  7. Pilih Choose.

  8. Dari daftar yang ada, pilih aplikasi yang ingin Mama set secara otomatis agar terbuka landscape saat Mama menggunakannya (seperti Youtube dan Phtotos).
  9. Pilih Done.
  10. Selanjutnya tap Next.


  11. Pilih Add Action.
  12. Di kolom pencarian, ketikkan Set Orientation Lock.
  13. Pilih script yang muncul di hasil pencarian.


  14. Pilih Next di bagian kanan-atas.
  15. Matikan opsi Ask Before Running.

  16. Pilih Don't Ask.
  17. Tap Done untuk menyelesaikan proses.

Rangkaian langkah yang baru saja Mama buat di iPhone akan tersimpan dalam Shortcuts app. Nantinya saat Mama membuka Youtube, Photos, atau aplikasi lain yang telah Mama set di langkah no. 8, maka aplikasi tersebut akan terbuka ke dalam mode landscape secara otomatis. Untuk memastikan langkah ini berkerja dengan benar, sebelumnya Orientation Lock yang ada di Control Center harus tetap aktif ya Mams atau dalam posisi Portrait ON.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama