Cara Menampilkan Kalender Islam di Lock Screen iPhone, iPad



Di Lock Screen iPhone, ada sejumlah informasi yang bisa Mama lihat tanpa harus unlock layar iPhone. Informasi yang dimaksud diantaranya adalah penunjuk waktu dan kalender. Sementara penunjuk waktu bisa Mama atur melalui aplikasi Clock, Mama juga bisa menambahkan penanggalan selain kalender default yang Mama pakai saat ini. 

Di iPhone (iOS 15), Apple menyediakan tiga kalender alternatif yang salah satunya bisa Mama tampilkan di Lock Screen bersama kalender default. Tiga penanggalan yang dimaksud adalah kalender China, Yahudi dan Islam. 

Saat Mama menambahkan salah satu kalender alternatif di iPhone, Lock Screen akan menampilkan tanggal, bulan serta tahun berdasar kalender alternatif yang telah Mama pilih. 

Cara menambahkan kalender alternatif di Lock Screen iPhone, iPad

  1. Buka Settings app di iPhone atau iPad. 
  2. Scroll ke bawah, pilih Calendar


  3. Tap Alternate Calendar. 
  4. Dari daftar yang muncul, pilih salah satu kalender alternatif yang Mama inginkan: China, Ibrani (Yahudi) atau Islam
  5. Selesai. 

Tanpa pengaturan lebih lanjut, kalender alternatif telah diset sebagai kalender tambahan di iPhone yang Mama gunakan. Silakan coba lock dan unlock iPhone untuk melihat tampilan Lock Screen baru. 

Satu lagi, saat Mama buka aplikasi Calendar, yang terlihat adalah kalender Masehi tetapi telah ditambahkan sejumlah detil tergantung dari kalender alternatif yang Mama pilih. Menambahkan kalender Islam di iPhone, misalnya, akan menunjukkan kapan dimulainya bulan baru, ditandai garis merah di bawah tanggal lengkap dengan nama bulan. Tanggal 1 Juli 2022, misanya, ditandai dengan garis merah beserta keterangan Dhul'H-. Artinya, tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah di penaggalan Islam.

Bisa juga dilihat cara memasang penanggalan Islam di short video ini ya Mams:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama