Cara Memunculkan Persentase Baterai di Mac

Seperti halnya di iPhone dan iPad yang menunjukkan level baterai di status bar, komputer Mac juga menunjukkan level baterai di bagian paling atas dari layar Mac. Bedanya, level baterai yang muncul di menu bar Mac ditunjukkan lengkap dengan persentase sementara di iPhone rilisan baru, angka persentase ditiadakan, tetapi Mama tetap bisa mengecek angka persentase baterai iPhone dengan beberapa langkah mudah.

Di Catalina dan MacOS versi sebelumnya, persentase baterai muncul berbarengan icon baterai di menu bar. Untuk memunculkan atau menghilangkan kedua komponen tersebut dari menu bar, lakukan langkah berikut:

  1. Buka System Preferences dari Apple Menu di kiri-atas layar Mac.
  2. Klik Energy Saver yang ditunjukkan dengan icon bohlam.
  3. Di bagian bawah, centang Show battery status in menu bar.
  4. Untuk menghilangkan angka persentase, klik pada icon baterai di menu bar, lalu hilangkan centang di Show Percentage.



Di Big Sur dan Monterey, opsi pengaturan baterai tidak lagi ditempatkan di dalam Energy Saver melainkan di dalam Dock & Menu Bar.

  1. Buka System Preferences.
  2. Klik Dock & Menu Bar.
  3. Di side bar sisi kiri, perhatikan beberapa daftar menu yang ada di bawah opsi Other Modules.
  4. Klik Battery.
  5. Selanjutnya centang dua pilihan (1) Show in Menu Bar dan (2) Show Percentage

Saat Mama centang dua opsi di atas, saat itupula icon baterai di Mac bakal menunjukkan angka persentase yang akurat. Dengan cara ini Mama tidak akan lagi mengira-ngira sisa baterai yang ada di Mac sebelum dilakuan pengisian ulang.

Saat level baterai telah rendah dan Mama memutuskan untuk mengisi ulang baterai Mac menggunakan adapter, klik pada icon baterai di menu bar akan memberitahukan perkiraan waktu yang dibutuhkan hingga baterai terisi penuh. Coba saja!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama