Emoji di Status Bar iPhone, Begini Cara Memasangnya (iOS 15)


Emoji yang muncul di status bar iPhone adalah bagian dari fitur baru iOS 15, yaitu Focus. Saat sebuah emoji terlihat di status bar iPhone, artinya Mama telah mengaktifkan sebuah Focus yang sebelumnya telah Mama set terlebih dahulu.

Mudah diakses dari Control Center di iPhone, Focus memang dibuat agar Mama lebih fokus melakukan sesuatu dan tidak terganggu oleh bermacam notifikasi yang muncul di layar iPhone. Focus pada dasarnya membantasi apa yang ditampilkan di layar iPhone dengan tujuan memberikan ruang yang tenang bagi Mama agar bisa berkonsentrasi. Tidak hanya satu ya Mams, Mama bisa mengeset lebih dari satu Focus untuk beberapa keperluan berbeda tetapi tentu saja hanya satu Focus yang bisa diaktifkan dalam satu waktu.

Sebagai contoh, Mama mengeset sebuah Focus dengan nama Kantor yang membolehkan siapa saja menghubungi Mama melalui telepon dan pesan teks. Di sisi lain Mama juga punya Focus bernama Family Time yang Mama set agar tidak ada kolega kantor yang bisa menghubungi Mama, kecuali keluarga dekat. Focus dibuat bukan untuk mematikan iPhone secara keseluruhan ya Mams karena Mama bisa memilih notifikasi apa yang tetap ingin Mama dapatkan sementara hal-hal lain bisa Mama matikan agar Mama tidak merasa terganggu.

Secara default, iPhone telah memiliki Focus untuk beberapa keperluan umum: Personal, Sleep, Work, Driving, Fitness, Gaming, Mindfulness, Reading. Selebihnya Mama bisa menambahkan Focus lain yang bisa Mama namai sendiri untuk keperluan berbeda.

Cara membuat custom Focus di iPhone, iPad

  1. Buka Settings app.
  2. Tap Focus.
  3. Tap tanda PLUS +

  4. Tap Custom.
  5. Namai Focus dengan kata yang mudah diingat dan dipahami.

  6. Pilih satu emoji dari koleksi yang tersedia. Emoji ini nantinya akan ditampilkan di status bar saat Focus aktif.
  7. Tap Next.
  8. Tap tanda PLUS + dari opsi Allowed People untuk memasukkan satu atau beberapa nama yang Mama bolehkan menghubungi Mama saat Focus aktif.
  9. Tap Allow untuk membolehkan atau tap Allow None jika Mama tidak ingin siapapun bisa menghubungi Mama.
  10. Page selanjutnya adalah untuk mengeset ijin notifikasi dari sejumlah aplikasi yang biasa Mama pakai, seperti WhatsApp, Instagram, dll. Jika Mama pilih Allow None maka tidak satupun aplikasi akan mengirim notifikasi saat Focus tersebut Mama aktifkan. Pilih beberapa aplikasi jika masih ingin mendapatkan notifikasi lalu pilih Allow.
  11. Tap Done di page selanjutnya.

Cara mengaktifkan Focus di iPhone, iPad

  1. Buka iPhone atau iPad.
  2. Swipe dari sisi kanan atas untuk memunculkan Control Center.
  3. Tap Focus.
  4. Pilih nama Focus yang telah Mama buat.


Sesuai dengan emoji yang sebelumnya telah Mama pilih, saat sebuah Focus aktif, emoji tersebut akan muncul di menu bar. Melalui Control Center, tap pada nama Focus untuk mematikan sebuah FOcus kapan saja Mama inginkan.

Cara menghapus Focus di iPhone, iPad

Focus yang telah Mama buat tentu saja bisa Mama hapus kapanpun Mama tidak lagi membutuhkannya. Melalui Settings app, Mama pilih Focus untuk melihat daftar Focus apa saja yang telah diset untuk iPhone yang Mama pakai. Tap salah satu nama Focus lalu scroll ke bawah dan tap Delete Focus untuk menghapus sebuah Focus.

Cara sync Focus antar iPhone, iPad

  1. Buka Setting app di iPhone atau iPad.
  2. Tap Focus.
  3. Aktifkan toggle Share Across Devices.

Dengan cara di atas, saat Mama mengaktifkan sebuah Focus di iPhone maka Focus yang sama juga akan aktifk di perangkat Apple lain yang Mama miliki, sejauh menggunakan Apple ID yang sama.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama