TOP 3 Aplikasi untuk WFH (iPhone, iPad)



Sudah jadi hal biasa ya Mams melakukan Work from Home (WFH) sejak masa pandemi Covid-19 di awal tahun 2020. Adanya teknologi pendukung seperti laptop, smartphone ataupun tablet semakin menjadikan WFH sebagai pilihan terbaik yang dinilai paling tepat di tengah kondisi yang belum sepenuhnya aman untuk bertatap muka secara langsung. 

Namun, gadget canggihpun tidak akan mendukung WFH jika tidak disertai jaringan Wi-Fi yang lancar. Terlebih, Mama juga harus menggunakan aplikasi yang pas supaya WFH bisa berjalan optimal dan efiisien. 

Di tahun 2020, misalnya, aplikasi video conference Zoom dinobatkan sebagai aplikasi terbaik untuk iPad. Selama pandemi berlangsung, demikian juga dengan WFH, Zoom masih mempertahankan predikat aplikasi wajib untuk bekerja atau sekolah dari rumah meskipun telah ada beberapa aplikasi lain pengganti Zoom yang layak dipertimbangkan. 

Nah, di luar aplikasi video conference, aplikasi apa saja yang Mama andalkan untuk WFH? Jika belum ketemu jawabannya, Apple Mama rekomendasikan tiga aplikasi yang bakal membantu Mama agar WFH berjalan efisien dan menyenangkan.

TOP 3 aplikasi pendukung Work from Home untuk iPhone, iPad

1. Trello | Download di App Store

Tersedia untuk iPhone dan iPad, aplikasi Trello memungkinkan Mama mengatur dan mengelola pekerjaan kantor langsung dari rumah. Dilengkapi to-do list, Mama bisa memanfaatkannya dengan memasukkan apa saja yang harus Mama kerjakan dalam satu hari atau satu minggu. Setiap progress kerja yang Mama buat bisa langsung dicek sehingga memudahkan Mama untuk fokus pada pekerjaan apa saja yang tersisa dan harus segera diselesaikan.

(Trello di iPhone)


Masukkan semua rencana kerja ke dalam Trello, bakal memudahkan Mama daripada harus mengingat banyak hal yang justru sering tercecer dan terlupa. Jadwal kerja yang telah Mama buat terintegrasi dengan Calendar juga Location yang bakal membantu Mama menyelesaikan pekerjaan lebih detil.

Dengan Trello, Mama tidak perlu lagi menggunakan sticky notes warna-warni yang biasa Mama tempel di kubikel kantor. Kalau bisa dikelola secara digital, tidak perlu lagi pakai kertas ya Mams. Yang tak kalah menarik dari Trello, Mama bisa download gratis di App Store.


2. Forest | Download di App Store

Namanya kok Forest? Iya, karena ini adalah aplikasi untuk iPhone dan iPad juga Apple Watch yang bakal memberikan rasa damai saat WFH, seperti saat dalam hutan.

(Forest di Apple Watch)


Saat berada di depan laptop, bisa jadi apa yang Mama kerjakan akan sering terhenti karena keinginan Mama untuk ngobrol di aplikasi chatting di iPhone, browsing drama Korea terbaru di aplikasi nonton drakor, mengecek feed Instagram atau Facebook, dll. Dalam hal ini Forest akan membantu Mama fokus melakukan WFH tanpa sibuk main iPhone.

Yang Mama perlu lakukan di aplikasi Forest di iPhone atau iPad adalah menanam benih di hutan. Setelahnya Mama bisa lakukan tugas-tugas WFH sementara benih yang Mama tanam akan tumbuh menjadi sebuah pohon. Eh, kalau Mama tidak bisa tahan diri untuk menggunakan iPhone, pohon yang telah mulai tumbuh akan layu.

(Forest di iPhone)


Forest tidak sesederhana itu ya Mams karena aplikasi ini bahkan menyediakan lebih dari 80 jenis benih pohon yang bisa Mama pilih. Dilengkapi Timer dan Stop Watch, aplikasi Forest bahkan bisa Mama pakai bersama keluarga yang juga melakukan WFH agar sama-sama fokus pada pekerjaan.

Forest dibandeol Rp 65 ribu di App Store dengan beberapa pilihan in-app purchase untuk fitur yang lebih lengkap.


3. myNoise | download di App Store

Aplikasi ketiga yang perlu Mama install di iPhone atau iPad saat WFH adalah myNoise. Dilengkapi banyak koleksi 'suara' yang bisa Mama pilih, myNoise membantu Mama fokus pada pekerjaan sekaligus memberikan rasa tenang saat WFH.

(myNoise di iPhone)


Suara-suara yang tersedia di myNoise bisa dipilih, mulai dari suara alam hingga suara berisik kantor. Yang menarik, Mama diberikan kemampuan untuk mengatur suara mana yang lebih dominan, dan suara mana yang harus lebih lirih. Sebagai contoh, saat Mama memilih suara kantor, Mama bisa menambah volume keyboard, mengecilkan suara mesin fax, atau bahkan mematikan suara teman-teman yang sedang ngobrol. Hal serupa bisa Mama set jika Mama memilih suara alam, seperti Hutan Jepang; menurunkan level suara burung, menaikkan suara angin dan dedaunan, dll.

myNoise bisa didownload gratis baik untuk iPhone atau iPad, dengan in-app purchase jika Mama menginginkan koleksi suara lain yang lebih lengkap. Coba saja!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama