Cara Menampilkan Hari, Tanggal, Jam di Menu Bar (MacOS)



Windows OS disebut lebih bisa di-custom jika dibandingkan Mac. Tidak sepenuhnya benar ya Mams, pun tidak sepenuhnya salah. Yang jelas, Mama masih bisa melakukan custom di beberapa tempat di MacOS yang bakal memudahkan Mama menggunakan komputer Mac.

Sebagai contoh adalah di menu bar yang merupakan bagian dari layar Mac. Terletak di bagian paling atas, bisa Mama lihat sederet menu tergantung dari aplikasi apa yang Mama buka. Di sisi kanan, terdapat bagian dari menu bar yang bisa Mama custom, memilih dan menentukan komponen apa saja yang bisa Mama tampilkan atau komponen apa yang perlu disembunyikan.

Beberapa komponen yang bisa Mama tampilkan atau sembunyikan di menu bar antara lain tanggal, hari, jam, status baterai Mac, status Wi-Fi, Bluetooth, volume, teks nama, icon Spotlight, Siri, dll.

Jika mau, tentu saja Mama bisa menampilkan semua komponen tersebut di menu bar Mac. Tetapi tentunya akan lebih baik jika komponen yang dimunculkan di menu bar hanya yang Mama butuhkan saja, bukan?

Cara memunculkan hari, tanggal, jam di menu bar Mac

  1. Buka aplikasi System Preferences dari Dock.
  2. Pilih Dock & Menu Bar, pilih Clock.
  3. Di versi MacOS yang lebih lawas, langsung pilih icon Date & Time di System Preferences.
  4. Akan terbuka menu berisi beberapa opsi yang bisa Mama pilih dengan cara centang pada opsi yang akan diaktifkan di menu bar.
  5. Untuk memunculkan nama hari di menu bar, centang Show the day of the week.
  6. Untuk memunculkan tanggal, centang Show date.



Selain menampilkan hari dan tanggal, Mama bisa mencoba mencetang opsi lain untuk melihat perubahan apa yang akan terlihat di menu bar Mac. Sebagai contoh, jika lebih suka tampilan jam analog, Mama bisa menghilangkan centang di opsi Digital dan menggantikannya dengan Analogue di sebelahnya. Satu lagi, Mama bahkan bisa mengubah tampilan jam di menu bar dengan menambahkan detik jam. Lihat perubahannya di menu bar!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama