Tak Bisa Save File dari MacBook ke Flash Disk? Ini Solusinya!


Masih kesulitan pakai MacBook baru, Mams? Sabar ya... semua ada solusinya kok! Dan semuanya juga mudah kalau Mama tahu caranya.

Salah satu masalah yang kerap muncul bagi pengguna baru MacBook adalah ketika mencoba menyimpan file dari MacBook ke flash drive ataupun harddisk eksternal. Mama pasti ngomel-ngomel nih karena saat menggunakan komputer Wimdows, acara nge-save, copy dan delete file di flash disk maupun harddisk eksternel gak ada masalah. Begitu dicolok ke MacBook, semua tidak berfungsi!

Tenang Mams... flash disk Mama tidak rusak kok, cuma perlu sedikit menyesuaikan diri dengan lingkungan baru (berasa baru pindah dari desa ke kota metropolis yak wkkwkwkw). Dalam hal ini flash disk Mama harus diformat ulang agar bisa dikenali Mac. 

Tips: kalau di flash disk masih ada data penting, pindah aja dulu laptop Windows (pinjam tetangga dulu Mams), supaya tidak terhapus.

Secara umum, flash disk dan hard disk eksternal yang dijual di pasaran menggunakan file system yang hanya bisa dibaca di komputer Windows (ada merek tertentu yang support Windows dan MacOS). Itulah kenapa sebagian besar tidak berfungsi saat dicolok ke MacBook. Bukan berarti tidak bisa dibenahi ya Mams. Yang perlu dilakukan hanyalah mengganti format file system yang sebelumnya hanya untuk Windows, supaya bisa juga dibaca di MacOS.

Sekedar tahu aja ya Mams, kalau Mama berencana menggunakan flash disk tersebut hanya untuk laptop MacBook maka format file system yang paling tepat untuk nanti Mama pilih bernama Mac OS Extended.

Ada lagi yang namanya NTFS, file format ini baiknya untuk drive internal (Windows) sementara untuk flash disk yang biasa dicolok ke Windows umumnya diformat dengan system FAT32 tetapi memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa menyimpan sebuah file tunggal yang besarnya lebih dari 4GB. Jika driver tidak support NTFS sementara Mama masih ingin menggunakan flash disk baik di laptop Mac maupun Windows tanpa batasan besar file maka pilihan ada pada file system bernama exFAT (ingat baik-baik ya Mams).

Sekarang setelah Mama tahu sedikit pengetahuan dasar dari file system, saatnya memformat flash disk supaya Mama bisa menyimpan, copy, delete, move file dari MacBook ke flash disk dan sebaliknya. Plus, juga bisa dibaca di laptop Windows. Jadi lebih hemat ya Mams, gak perlu beli dua flash disk...

Cara format flash disk di MacBook

  1. Colok flash disk ke USB port yang ada di MacBook.
  2. Buka Launchpad, cari Disk Utility, begitu ketemu langsung dibuka ya Mams, jangan nunggu besok.
  3. Begitu terbuka, akan tampak window terbagi menjadi dua bagian: kanan dan kiri. Di bagian kiri adalah window utama yang menunjukkan storage apa saja yang aktif di laptop Mama, termasuk flash disk yang sudah tertantap tadi. Jika di-klik maka window sebelah kanan akan menunjukkan detilnya, termasuk besar kapasitas penyimpanannya.
  4. Di window sebelah kiri, klik nama flash disk yang bakal diformat, lalu pilih Erase TAB yang ada di atas.
  5. Akan muncul dialog box yang meminta Mama menamai flash disk yang bakal diformat (isi saja namanya), di bawahnya Mama diminta memilih file system yang bakal dipakai, pilih exFAT.
  6. Klik tombol Erase.
Selanjutnya Mac OS bakal melakukan tugasnya memformat flash disk sesuai pilihan yang Mama buat di atas. Tunggu saja sebentar, atau lama, tergantung ukuran dan speed flash disk-nya ya Mam. Begitu selesai, Mama bisa langsung coba untuk menyimpan file dari MacBook ke flashdisk yang telah diformat tadi. Pastinya berhasil ya Mams. Kalau tidak, bisa jadi ada langkah yang terlewat. Silakan format ulang langkah 1 sampai 6 di atas...

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama